Agus Fatoni : Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sumsel 5,24 Persen, Tertinggi di Pulau Sumatera

 Agus Fatoni : Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sumsel 5,24 Persen, Tertinggi di Pulau Sumatera

Rakornas Kependudukan Pencatatan Sipil Tahun 2023, di Hotel Novotel Palembang, Sumatera Selatan, Selasa 24 Oktober 2023.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni membeberkan sejumlah capaian yang telah diraih Provinsi Sumatera Selatan. 

Pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Tahun 2023, Agus Fatoni mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Sumsel mencapai 5,23 persen, tertinggi di Pulau Sumatera. 

"Sedangkan di triwulan ke II tahun 2023 pertumbuhan ekonomi Sumsel mencapai  5,24 persen," kata Agus Fatoni, saat Rakornas Dukcapil di Hotel Novotel Palembang, Sumatera Selatan, Selasa 24 Oktober 2023.

Sebagai informasi, Pemprov Sumsel merupakan wilayah terluas di luar Pulau Jawa, yakni 86.769,34 km persegi yang didiami sebanyak 8.813.243 jiwa penduduk. 

BACA JUGA:Dirjen Dukcapil Buka Pelayanan Administrasi Dukcapil Goes to Campus di UIGM Palembang

Kemudian dari angka tersebut 6.284.401 jiwa di antaranya sudah wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang juga tersebar di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel. Sedangkan yang tengah melakukan proses perekaman e-KTP sebanyak 6.088.979 jiwa.

Agus Fatoni juga melaporkan terkait tingkat inflasi pada bulan September 2023 mencapai 2,28 persen. 

Capaian ini didapat berkat upaya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bupati/Walikota dengan stakeholder se-Sumsel yang terus mengendalikan inflasi sehingga pertumbuhan ekonomi Sumsel cukup menggembirkan. 

Begitu juga dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tingkat kemiskinan dan pengangguran.

BACA JUGA: Pertama Pimpin Apel Gabungan, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Berikan Pesan Ini untuk ASN

"Prevalensi stunting 2022 Sumsel 18,6 persen atau turun 6,2 persen. Hal ini sebagai penurunan tertinggi di Indonesia," tukasnya.

Lebih lanjut Dia juga memaparkan sejumlah upaya yang dilakukan Pemprov Sumsel dalam melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kami dengan Forkopimda, Bupati/Walikota serta stakeholder terkait tidak henti-hentinya terus lakukan kolaborasi mulai dari penanganan dari darat hingga udara," jelasnya

Terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, Pemprov Sumsel telah melakukan sejumlah persiapan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: