Selain Tanah, Yuk Kenali 5 Media Tanam untuk Tanaman Hias Kesayangan di Rumah

Selain Tanah, Yuk Kenali  5  Media Tanam untuk Tanaman Hias Kesayangan di Rumah

Cocopeat, salah satu media tanam yang dapat digunakan untuk tanaman hias.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Tanaman hias mampu mempercantik ruangan maupun halaman rumah. Oleh sebab itu, tanaman hias menjadi salah satu elemen dekorasi rumah yang banyak dipilih oleh pemilik rumah maupun apartemen.

Salah satu syarat agar tanaman hias dapat tumbuh dengan baik adalah ditanam di media tanam yang tepat.

Tujuannya agar tanaman hias mendapatkan kebutuhan nutrisi yang cukup sehingga dapat tumbuh dengan baik dan juga berkembang sehingga semakin dapat mempercantik pekarangan dan lingkungan. 

Media tanam adalah faktor lingkungan yang menunjang pertumbuhan tanaman. Media tanam yang baik adalah bisa mengikat dan menyimpan air serta unsur hara. Media tanam juga harus tahan lama, bebas penyakit, dan mudah didapat. 

BACA JUGA:Segudang Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua, Polusi Udara Karhutla Minggat

Dalam budidaya tanaman, tanah memang seringkali menjadi media tanam utama yang digunakan. tanah menjadi media tanam yang banyak dipilih karena mudah didapat.

Namun, ada banyak jenis media tanam yang bisa dipilih selain tanah serta menunjang pertumbuhan tanaman untuk menumbuhkan tanaman hias dengan sukses.

Berikut ini  5  jenis media tanam selain tanah yang dapat digunakan dalam budidaya tanaman hias dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Sekam Padi

BACA JUGA:Catat! Selain Bawa Hoki Berikut 8 Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua Bagi Kesehatan

Sekam padi termasuk jenis bahan organik yang bisa digunakan sebagai media tanam tanaman hias. Sekam padi memiliki bobot ringan dan bisa memperbaiki struktur tanah. 

Ada dua jenis sekam padi yang bisa digunakan, yaitu sekam bakar dan sekam tidak dibakar. sekam bakar mengandung karbon tinggi sehingga lebih gembur, tapi mudah lapuk.

Sedangkan sekam tidak dibakar mengandung kalium cukup tinggi, tidak mudah terkontaminasi fungi dan bakteri, serta bisa menyerap senyawa racun dan melepaskannya kembali saat penyiraman.

2. Cocopeat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: