Wow! Mahasiswa UNY dikabarkan bikin Inovasi Menarik Berbahan Lidah Mertua, Bisa Mengurangi Efek Radiasi Laptop

Wow! Mahasiswa UNY dikabarkan bikin Inovasi Menarik Berbahan Lidah Mertua, Bisa Mengurangi Efek Radiasi Laptop

Tanaman hias lidah buaya.--

BACA JUGA:5 Tanaman Hias Merambat yang Cocok Diletakkan Dalam Rumah

Kemudian, mengekstraksi abu sekam padi menjadi silika dan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan dan pengujian lempengan Shield atau pelindung.

Selanjutnya, mereka merancang percobaan faktoral, hingga keputusan tim menggunakan bahan-bahan ini tidak hanya berdampak positif dalam mengurangi efek radiasi.

Selain menciptakan alat mengurangi efek radiasi, pelindung laptop ini juga bermanfaat untuk mengurangi limbah sekam padi yang cukup banyak.

Asma’ menjelaskan ini adalah langkah inovatif yang mencerminkan komitmen tim mengatasi masalah radiasi EMF yang semakin relevan dengan penggunaan laptop yang semakin meluas. 

BACA JUGA:Catat! Selain Bawa Hoki Berikut 8 Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua Bagi Kesehatan

Tim PKM RE UNY berhasil menciptakan solusi sederhana namun efektif dalam mereduksi radiasi EMF.

Melalui penggunaan sansivieria trifasciata laurenti dan abu sekam padi yang dapat menyerap radiasi, inovasi ini memberikan alternatif ramah lingkungan dan bermanfaat bagi individu yang khawatir tentang paparan radiasi EMF dari laptop mereka.

Langkah-langkah seperti ini mengilhami upaya menggabungkan sains dan teknologi dengan keberlanjutan.

Serta menunjukkan inovasi dapat memberikan solusi konkret untuk masalah kesehatan dan lingkungan yang sedang berkembang.

BACA JUGA:Yuk Kenali 4 Jenis Media Tanam yang Cocok untuk Tanaman Hias, Jangan Salah Aplikasi!

Adapun tim yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM RE) ini terdiri atas Asma’ Khoirunnisa’ (Statistika), Fitria Damayanti (Pendidikan Kimia).

Lalu Firdaus Amruzain Satiranandi Wibowo (Statistika), Choirrunisa (Pendidikan IPA), Oktiana Prabawati (Pendidikan Biologi).

Setidaknya, manfaat tanaman hias lidah mertua jika diletakkan dilingkungan rumah juga bisa mengurangi efek polusi baik polusi udara ataupun asap ebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Meski berasal dari benua Afrika, lidah mertua ternyata cukup digandrungi oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman penghias di pekarangan rumah atau didalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: