Kabupaten Terluas di Indonesia, Bupati Ibaratkan OKI Kapal Besar Butuh Nahkoda Handal

Kabupaten Terluas di Indonesia, Bupati Ibaratkan OKI Kapal Besar Butuh Nahkoda Handal

Para Kades terpilih dilantik Bupati OKI H Iskandar SE, di Kecamatan Pedamaran, Senin 23 Oktober 2023. Foto: dokumen/sumeks.co--

OKI, SUMEKS.CO - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat luas sehingga dapat diumpamakan sebuah kapal yang besar dan membutuhkan pemimpin yang handal.

Hal ini disampaikan oleh Bupati OKI, H Iskandar SE, saat melantik 9 Kepala Desa terpilih di Kecamatan Pedamaran, Senin 23 Oktober 2023.

"OKI ini adalah salah satu Kabupaten terluas di Indonesia layaknya sebuah kapal yang besar, namun tetap melaju mengarungi derap pembangunan," ujarnya. 

Dia mengatakan, membangun OKI jelas tidak tuntas dalam satu atau dua tahun.

BACA JUGA:WAW! Penderita Harian Ispa di Kabupaten OKI Capai 95 Orang

"Banyak yang sudah kita lakukan selama 10 tahun terakhir namun banyak pula yang belum dikerjakan," terang dia.

Iskandar menyebut selama kepemimpinannya tidak ada proyek mercuar dibangun.

"Memang kita tidak membangun gedung-gedung mewah, tapi bagaimana kita menghadirkan perubahan di masyarakat, di desa-desa," terang Bupati. 

Wujud pembangunan itu sebut Iskandar antara lain dalam pemerataan energi listrik, dimana rasio elektrifikasi masyarakat OKI sudah 100 persen. 

BACA JUGA:Dampak Kabut Asap, Jam Belajar Sekolah di Kabupaten OKI Dikurangi

"Untuk jumlah Rumah Tangga terlayani listrik telah mencapai 203.383 Rumah Tangga dengan rasio 99,42 persen. Kondisi ini jauh lebih baik dari tahun 2015 lalu," jelasnya. 

Di sektor pertanian dan perkebunan tambahnya produktivitas padi kabupaten OKI terus meningkat signifikan dari 568 ton pada tahun 2014 menjadi 863 ton di tahun 2022 dan menjadikan OKI sebagai lumbung pangan Sumatera Selatan.

Sementara di sektor perkebunan OKI telah melakukan replanting kelapa sawit rakyat melalui program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) lebih dari 32.000 Hektare. "Capaian ini merupakan yang terluas di Indonesia," ucapnya. 

Selanjutnya di sektor kesehatan capaian Universal Healt Coverage (UHC) kabupaten OKI sudah mencapai 95.39 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: