Menyambut Hari Sumpah Pemuda, RRI Palembang Gelar FPN 2023 : Ajang Kreasi Pelajar

Menyambut Hari Sumpah Pemuda, RRI Palembang Gelar FPN 2023 : Ajang Kreasi Pelajar

Radio Republik Indonesia Palembang menggelar Festival Pelajar Nusantara.-Indra-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Radio Republik Indonesia (RRI) Palembang kembali menggelar Festival Pelajar Nusantara (FPN), ajang unjuk bakat dan prestasi bagi seluruh pelajar di Sumatera Selatan.

Event tahunan RRI ini dipusatkan di halaman RRI Palembang dengan melibatkan ratusan pelajar tingkat SMA/SMK/MA sederajat.

"Seiring dengan momentum hari Sumpah Pemuda yang akan kita sambut pada tanggal 28 Oktober, melalui event ini para pemuda diharapkan konsisten dan komitmen terus menguatkan jiwa kebangsaan, persatuan dan kesatuan," kata Kepala Stasiun LPP RRI Palembang, Rahma Juwita dalam sambutannya. Minggu, 22 Oktober 2023.

Rahma menyebutkan, persatuan dan kesatuan diantara generasi muda merupakan hal yang penting terlebih Indonesia akan memasuki tahun politik menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024.

BACA JUGA:Herman Deru Buka Kompetisi Olahraga Basket dan Mini Soccer Pelajar PALTV

"Sebagian besar pemilih pada Pemilu 2024 nanti dari kalangan milenial dan Gen Z yang berasal dari kalangan pelajar, jadi mulai sekarang kita tetap jaga persatuan dan kesatuan," ujarnya.

Selain itu, Rahma juga mengungkapkan, tidak hanya menjadi wadah kreatifitas, FPN kali ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang komunikasi antar sekolah untuk mempererat  kesatuan dan persatuan pemuda khususnya bagi seluruh pelajar melalui kegiatan yang positif.

"Kegiatan ini dari pelajar untuk pelajar. Ketua panitianya, pembawa acaranya, pesertanya semua dari pelajar. Jadi manfaatkanlah kegiatan ini mengembangkan kemampuan yang kalian miliki," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Anang Purnomo Kurniawan, memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap kegiatan FPN 2023 RRI Palembang ini. Kegiatan pendidikan di luar sekolah seperti yang dilaksanakan RRI melalui FPN dianggap mampu mengembangkan potensi kecerdasan emosional peserta didik.

BACA JUGA:540 Pelajar di Kabupaten OKI Bersihkan Lingkungan Dari Sampah, 'Stop Wariskan Sampah'

"Kecerdasan sosial, kecerdasan moral dan etika. Kecerdasan non akademik itu adanya diluar kelas, salah satunya ada di FPN ini," imbuhnya.

Menurut Anang, banyak hal yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar melalui kegiatan FPN dan para peserta harus menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi diri mereka.

"Para pelajar sangat beruntung berada disini. Disinilah kalian manfaatkan skill dan berkolaborasi untuk hal-hal yang baik," jelasnya.

FPN 2023 RRI Palembang dengan tema 'Pelajar Indonesia Bersatu, Kreatif dan Tangguh untuk Indonesia Maju' menghadirkan bebagai macam lomba seperti lomba tari kreasi nusantara, lomba aransemen lagu daerah, lomba vlog reportase, lomba LTBB dan Lomba TikTok Dance. Ajang yang diikuti lebih dari 100 peserta itu digelar dari tanggal 22-25 Oktober 2023.

BACA JUGA:11 Mahasiswa UBD Palembang Jalani Pertukaran Pelajar ke Unisel Malaysia

Tidak hanya melibatkan para pelajar, panitia juga menggandeng 30 pelaku usaha UMKM pada kegiatan FPN 2023 LPP RRI Palembang sebagai bentuk dukungan terhadap ekonomi kerakyatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: