540 Pelajar di Kabupaten OKI Bersihkan Lingkungan Dari Sampah, 'Stop Wariskan Sampah'

540 Pelajar di Kabupaten OKI Bersihkan Lingkungan Dari Sampah, 'Stop Wariskan Sampah'

Ratusan pelajar bersihkan lingkungan Jalintim Mesuji OKI, gerakan lingkungan The Rising Tide, Rabu 27 September 2023.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Ratusan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA berserta forkopimda di Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) membersihkan lingkungan dari sampah yang sembarangan di sekitar Jalan Lintas Timur Sumatera Mesuji, Rabu 27 September 2023.

Sebanyak 540 pelajar ini dalam pembersihan lingkungan dengan membawa pesan gerakan lingkungan The Rising Tide "Stop Wariskan Sampah".

Pesan yang disampaikan dalam kegiatan itu adalah melakukan diseminasi mengenai dampak sampah terhadap lingkungan dan pengelolaan sampah agar tidak mencemari lingkungan kepada ratusan pelajar dari Kecamatan Mesuji Kabupaten OKI

Danramil Mesuji, Kapten Inf Ade Webysana didampingi Kapolsek Mesuji AKP Bambang, mengatakan, kegiatan pembersihan lingkungan dari sampah hari ini merupakan salah satu dari rangkaian dari perjalanan gerakan lingkungan The Rising Tide.

BACA JUGA:SN Prana Putra Sohe-Muhammad Yaser Berpotensi Lolos Terpilih ke Senayan 2024

"Jadi hari ini menggandeng generasi muda dalam hal ini adalah pelajar, agar dalam gelombang perubahan untuk lingkungan Indonesia yang lebih baik," ujar Ade, Rabu 27 September 2023.

Lanjutnya, ini merupakan upaya dari implementasi Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2017 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Selain itu, dikatakan Ade, adanya aksi triathlon yang dilakukan melalui berlari, bersepeda, hingga renang selat dan danau Toba oleh para pembawa pesan dari Sabang menuju Jakarta sejauh 3.141 KM. 

Aksi ini diungkapkan Ade, adalah ilustrasi perjuangan dalam memperoleh tempat tinggal yang layak untuk generasi mendatang.

BACA JUGA:Bukan Palembang, Pemukiman Kecil di Kaki Gunung Dempo ini Awal Misionaris Kristen Menapak di Sumsel

Lanjut dia, dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak seperti Pemerintah Pusat hingga daerah, produsen, komunitas, dan lainnya sangat diperlukan dalam menyelesaikan persoalan sampah yang semakin menumpuk saat ini. 

"Mari kita hidup hari ini untuk selamatkan Bumi esok hari," ucapnya. 

Adapun ratusan pelajar yang mengikuti kegiatan itu berasal dari SD Negeri 3 Surya Adi Mesuji, SMP Negeri 1 Mesuji dan MAN 2 Kabupaten OKI. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: