SN Prana Putra Sohe-Muhammad Yaser Berpotensi Lolos Terpilih ke Senayan 2024

SN Prana Putra Sohe-Muhammad Yaser Berpotensi Lolos Terpilih ke Senayan 2024

Prana Putra Sohe dan Muhamad Yaser, berpotensi besar untuk lolos ke Senayan. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - SN Prana Putra Sohe dan Muhamad Yaser, berpotensi besar untuk lolos ke Senayan untuk terpilih sebagai anggoga DPR RI daerah pemilihan (Dapil) satu provinsi Sumatera Selatan pada pemilu 2024.

Mantan Wali Kota Lubuk Linggau dan keluarga Gubernur Sumsel H Herman Deru ini dalam tataran keterpilihan (elektabilitas) para caleg DPR RI dapil satu Sumatera Selatan berhasil menyodok di urutan papan atas.

Dua pendatang baru tersebut tentunya ke depan akan mengancam posisi incumbent DPR RI dapil satu Sumatera Selatan, sehingga dipastikan akan terjadi persaingan yang kuat dalam satu bulan ke depan.

Nanan dan Yaser yang masih bermodalkan keterkenalan (popularitas) berada di bawah 55 persen dan tingkat kesukaan (akseptabilitas) di atas 90 persen tentunya secara statistik belum maksimal.

BACA JUGA:Pilih Perahu PKB, Wali Kota Lubuklinggau Prana Putra Sohe Mantap ke Senayan

Jika dilihat dari trend survei, tingkat popularitas dan akseptabilitas Nanan dan Yaser masih tetap berbanding lurus (linear) dengan elektabilitasnya.

"Nama SN Prana Putra Sohe (Nanan) dan Muhamad Yaser (Yaser) inilah yang cukup kuat tarikan elektabilitasnya dibandingkan nama-nama caleg pendatang baru lainnya,” kata Direktur eksekutif LKPI, Arianto, MI Kom Pol, Rabu, 27 September 2023.

Dikatakannya, elektoral SN Prana Putra Sohe terlihat dari figur yang kuat selama dia memimpin kota Lubuk Linggau pada masa kepemimpinanya.

Sosok yang perhatian pada rakyat, sudah ada bukti nyata, gemar blusukan, sering melakukan pertemuan tatap muka/pertemuan umum di masyarakat, mudah ditemui dan visioner merupakan alasan mendasar pemilih menjatuhkan pilihannya pada alumni Fisip Unsri tersebut.

BACA JUGA:Diskominfo Kota Lubuklinggau Kabarkan Akun Facebook Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe Diretas

Disamping itu adanya sumbangsih dari dukungan pemilih partai PKB yang mayoritas ke SN Prana Putra Sohe membuat tambahan elektabilitasnya bisa menyalip nama-nama caleg incumbent DPR RI yang juga akan maju kembali pada pemilu legislatif ke depan.

Secara statistik, dengan elektabilitas yang kalau dikonversi dengan hitungan angka pemilih, SN Prana Putra Sohe menenpati kursi ke empat (saat survey digelar.)

"Kalau dilihat dari urutan sentiment partai politik, elektabilitas partai PKB juga cukup baik dan berada di urutan kelima (7,5 persen)," bebernya.

Secara sentiment partai politik, peluang tujuh partai yang berpotensi meloloskan calegnya yakni PDI-P, Gerindra, Nasdem, Golkar, PKB, Demokrat dan PAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: