Bawang Hitam, Ternyata Mampu Bikin Penyakit Mematikan Mampus

Bawang Hitam, Ternyata Mampu Bikin Penyakit Mematikan Mampus

Bawang hitam yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Sebagian orang mungkin masih asing dengan bawang hitam, yang belakangan ramai dikonsumsi, karena bisa bikin penyakit mematikan mampus. 

Bawang hitam atau black garlic sebenarnya merupakan bawang putih yang difermentasi sehingga menghasilkan warna hitam pekat.

Berbeda dengan bawang putih biasa dengan rasa yang tajam, pedas dan aromanya yang lebih menyengat, bawang hitam lebih lembut dan rasanya lebih manis, tapi tetap ada aroma khas bawang putih.

Nah, bawang hitam ini disebut memiliki sejuta manfaat baik untuk kesehatan, bahkan penyakit mematikan seperti kanker bisa mampus. 

BACA JUGA:Abaikan Bau Pesing, Petai Ternyata Bisa Usir Berbagai Penyakit dalam Tubuh!

Diantaranya dari beberapa testimoni, bawang hitam bisa mengusir masuk angin, kolesterol tinggi, hipertensi bahkan diabetes. 

Dikutip dari web alodokter.com, bawang hitam mengandung banyak senyawa bioaktif. Nah didalam senyawa bioaktif ini terkandung antioksidan seperti polifenol, fenol, alkaloid, flavonoid, dan s-allylcysteine (SAC).

Berbagai nutrisi juga terkandung didalamnya seperti asam amino, karbohidrat, serat, zat besi, zinc, kalium, sulfur, magnesium, fosfor, kalsium, serta vitamin C, B1, B2, B3, dan B6.

Lantaran kandungan yang ada, bagi yang mengkonsumsi bawang hitam akan bermanfaat mengusir sejumlah penyakit : 

BACA JUGA:Benarkah Mengkonsumsi Magnesium Dapat Mencegah Insomnia? Ini Faktanya

1. Mencegah Penyakit Kanker

Senyawa bioaktif yang terdapat dalam bawang hitam bisa mencegah penyakit kanker. Salah satu penelitian yang dilakukan bawang hitam bisa mengatasi kanker kolorektal.

Senyawa bioaktif ini akan melawan radikal bebas terlebih dalam tubuh yang berpotensi mengembangkan sel kanker.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: