Ikut Melebung Ikan Bersama Kades Se-Ogan Ilir, Bupati Ajak Lestarikan Tradisi Nenek Moyang

Ikut Melebung Ikan Bersama Kades Se-Ogan Ilir, Bupati Ajak Lestarikan Tradisi Nenek Moyang

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, bersama Forkopimda Kabupaten Ogan Ilir melebung bersama FKKD Kabupaten Ogan Ilir di Desa Sungai Rotan Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir, Jumat, 13 Oktober 2023. Foto: dokumen/sumeks.co --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kabupaten OGAN ILIR, menggelar kegiatan melebung bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten OGAN ILIR, Jumat, 13 Oktober 2023.

Kegiatan ini dipusatkan di Desa Sungai Rotan, Kecamatan Rantau Panjang. 

Hadir dalam kegiatan melebung ikan bersama ini, antara lain, Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, Kapolres Ogan Ilir, AKBP Andi Baso Rahman, dan Kajari Ogan Ilir, Nursurya. 

Bupati Ogan Ilir menyampaikan, bahwa kegiatan melebung ini merupakan kegiatan memanen ikan bersama-sama. 

BACA JUGA:Sosialisasi Bahaya Karhutbunla di Kecamatan Pampangan OKI, Fokus ke Masyarakat Pemilik Lebak Lebung

Bagi masyarakat Kabupaten Ogan Ilir, tradisi melebung ikan ini biasanya dilakukan masyarakat pada saat musim kemarau tiba. 

"Kebetulan kegiatan kali ini merupakan inisiasi FKKD Kabupaten Ogan Ilir, jadi acara ini juga sekaligus mempererat silaturahmi antar kita semua," ucap Panca. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ogan Ilir ini juga mengajak kepada seluruh masyarakat Ogan Ilir, supaya mencintai tradisi melebung ikan ini. 

Bila perlu, tradisi melebung ikan ini dapat dilestarikan oleh masyarakat Ogan Ilir hingga anak cucu kelak. 

BACA JUGA:405 Objek Lebak Lebung di Ogan Ilir Bakal Dilelang, Harganya Ada yang Lebih Rp 500 Juta

"Tradisi ini kan sangat unik dan tidak seluruh daerah memiliki tradisi yang sama, makanya wajib dilestarikan," katanya lagi. 

Selain itu, Bupati Ogan Ilir ini juga berharap, kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir, jangan sampai lengah terhadap kebakaran hutan, kebun, dan lahan (Karhutbunla) di wilayahnya masing-masing. 

"Musim kemarau ini sangat rawan terjadinya kebakaran lahan, jadi harus diawasi betul-betul jangan sampai lengah," imbaunya. 

Seluruh Kades di Kabupaten Ogan Ilir juga diminta oleh Bupati Ogan Ilir, supaya tetap siaga agar dapat mengantisipasi adanya titik-titik kebakaran yang ada di daerahnya masing-masing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: