Berkali-Kali Bantah Dibakar, Kini Lahan Perkebunan PTPN VII Cinta Manis Disegel KLHK

Berkali-Kali Bantah Dibakar, Kini Lahan Perkebunan PTPN VII Cinta Manis Disegel KLHK

Peristiwa kebakaran di perkebunan tebu PTPN VII Cinta Manis areal Kecamatan Tanjung Batu, beberapa waktu lalu. --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Kebakaran berulang yang terjadi di perkebunan tebu PTPN VII Cinta Manis Kabupaten Ogan Ilir, berbuntut pada penyegelan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Penyegelan lahan perkebunan PTPN VII Cinta Manis oleh Tim Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) Penegakan Hukum KLHK ini, berawal dari laporan patroli udara yang dilakukan satgas Karhutla, beberapa waktu lalu. 

Direktur Pengaduan, Pengawasan dan Sanksi Administrasi KLHK, Ardy Nugroho mengungkapkan, lahan milik PTPN VII Cinta Manis yang dilakukan penyegelan oleh KLHK terletak di areal Kecamatan Tanjung Batu. 

Setelah mendapat laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Tim PPLH Gakkum KLHK langsung meninjau lokasi yang terbakar. 

BACA JUGA:Berharap Mendapat Hak Asuh Anak Penuh, Inara Rusli Bongkar Kebiasaan Virgoun

"Di lokasi tersebut, tim kami menemukan lahannya masih terbakar dan selanjutnya melakukan penyegelan terhadap lahan terbakar tersebut," ungkapnya, Jumat, 13 Oktober 2023.

Ardy menyebut, kebakaran lahan yang terjadi di perkebunan tebu PTPN VII Cinta Manis ini, memang sudah menjadi perhatian KLHK. Pasalnya, pada periode September-Oktober, Tim Center Intelligence Gakkum KLHK menemukan hotspot. 

"Makanya, lokasi yang terbakar ini menjadi perhatian kami untuk dilakukan pengawasan," lanjutnya. 

Berdasarkan pemeriksaan di lapangan, KLHK menemukan adanya lahan yang terbakar seluas lebih kurang 512,7 hektare di areal perkebunan tebu di Kecamatan Tanjung Batu, Ogan Ilir. 

BACA JUGA:Ternyata Palestina Mengakui Kemerdekaan Indonesia 1944, Soekarno Baru Membacakan Proklamasi Setahun Kemudian

Untuk diketahui, berdasarkan informasi masyarakat Kecamatan Tanjung Batu dan Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir, memang di perkebunan tebu PTPN VII Cinta Manis sudah beberapa terjadinya pembakaran. 

Seperti yang terjadi pada 5 Oktober 2023 lalu di lahan perkebunan tebu PTPN VII Cinta Manis areal Kecamatan Tanjung Batu tepatnya di Jalan Burai Tanjung Batu. 

Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di perkebunan tebu PTPN VII Cinta Manis pada 3 Oktober 2023. Peristiwa kebakaran di PTPN VII Cinta Manis ini, menjadi viral di media sosial

Hanya saja, dari beberapa kali pembakaran tersebut dibantah oleh pihak PTPN VII Cinta Manis. Dalihnya, mereka tidak pernah membakar, dan justru mereka tidak mengetahui siapa yang membakar lahan tebu tersebut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: