Anwar Putra Bayu, Wakili Sumsel ke Pertemuan Penyair Nusantara di Kuala Lumpur, Malaysia

Anwar Putra Bayu, Wakili Sumsel ke Pertemuan Penyair Nusantara di Kuala Lumpur, Malaysia

Anwar Putra Bayu dan Dr Zambry Abdul Kadir--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sastrawan Indonesia asal Palembang, Sumatera Selatan, Anwar Putra Bayu, Jumat 13 Oktober 2023 dijadwalkan berangkat ke Kuala Lumpur, Malaysia, guna menghadiri Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) ke XII tahun 2003. 

PPN XII digelar Perhimpunan Penulis Nasional (PENA) Malaysia pada 13-15 Oktober 2023. Kegiatan ini mengusung tema “Luka, Cinta, Damai" dan akan melibatkan tidak kurang 200 peserta dari Indonesia, Singapore, Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam. 

Anwar Putra Bayu mengungkapkan bahwa kehadirannya di PPN XII Kuala Lumpur itu merupakan undangan resmi dari Presiden PENA yang ke dua kalinya. 

"Pertama kali saya diundang oleh PENA pada PPN ke 3 tahun 2009. Kemudian berlanjut ke Brunei Darussalam PPN ke 4. Dari Brunei inilah, Indonesia dapat mandat untuk menyelenggarakan PPN V yang kemudian diselenggarakan di Kota Palembang tahun 2011.” tutur Anwar Putra Bayu kepada SUMEKS.CO,  Kamis, 12 Oktober 2023.

BACA JUGA:Pj Wako Palembang Ratu Dewa dan Istri Dikukuhkan Jadi Ayah/Bunda Genre

Menurut jadwal panitia, rencana pertemuan itu akan diresmikan oleh YB Senator  Seri Diraja Dr Zambry bin Abdul Kadir, pada 13 Oktober 2023 malam di Dewan Sivik, Majlis Bandaraya Petaling Jaya. 

Sementara, menurut Presiden PENA, Dr Rahamad Saleh, dewasa ini Dr Zambry bin Abdul Kadir merupakan Menteri Luar Negeri Malaysia sejak 3 Desember 2022 dalam kabinet pemerintahan Perdana Menteri Dato' Seri Anwar Ibrahim. 

"Beliau memang suka dengan sastra. " Jelas Rahamad Saleh. 

Anwar Putra Bayu juga menilai bahwa dalam dunia literasi, terutama dunia  perpuisian (sastra) di Malaysia, Zambry bin Abdul Kadir bukanlah nama baru. Selain sebagai seorang politisi, dia juga seorang penulis nonfiksi dan fiksi. 

BACA JUGA: Pj Wako Palembang Ratu Dewa Beri Apresiasi dan Motivasi untuk TP PKK Palembang

Sebagai pribadi, kata Anwar, Zambry merupakan pribadi yang sangat sederhana dan santun.

"Saya pribadi mengenalnya sejak tahu 2011 ketika sastrawan Malim Ghazali PK mengundang saya ke acara Festival Puisi dan Lagu Rakyat yang pertama kali di Pulau Pangkor, Perak (Malaysia) tahun 2011." tutup Anwar di Bandara SMB II.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: