Padahal Lambang Berani dan Kemakmuran, Rasulullah SAW Ternyata Tak Suka Warna Merah dan Kuning

Padahal Lambang Berani dan Kemakmuran, Rasulullah SAW Ternyata Tak Suka Warna Merah dan Kuning

Ilustrasi Warna.--

SUMEKS.CO - Warna merah dan kuning dimaknai sebagai lambang keberanian dan kemakmuran. Namun, dibalik itu justru warna merah dan kuning adalah warna yang tidak disukai Rasulullah SAW

Dikutip SUMEKS.CO dari berbagai sumber, dari berbagai warna yang ada, Rasulullah SAW ternyata paling menyukai warna hijau. Karena, warna ini dilambangkan sebagai bentuk pertumbuhan dan kesuburan. 

Warna kuning juga dilambangkan sebagai warna keindahan. Sedangkan, warna merah juga sering dilambangkan sebagai warna cinta dan kekuatan. Entah apa yang membuat Rasulullah SAW justru tidak menyukai warna ini. 

Di dalam Ar-Raudhah al-Bahiyyah fi Mu'jizah an-Nabi wa asy-Syaa'il Muhammadiyyah oleh Ahmad Musthafa Mutawalli, terdapat penjelasan bahwa warna merah bukan merupakan petunjuk Rasulullah SAW

BACA JUGA:Kunci Hidup Sehat ala Rasulullah SAW

Terlebih bagi para kaum laki-laki, warna merah boleh digunakan apabila terdapat padu padan warna lainnya. Di dalam buku itu juga disebutkan bahwa warna hitam dan warna yang dicelup juga tidak dianjurkan. 

Menurut berbagai sumber, Rasulullah SAW sebenarnya pernah menggunakan selendang berwarna hitam, merah, dan putih. Akan tetapi, ketika menggunakan warna-warna itu, Rasulullah SAW memadukannya dengan warna lain. 

Sementara itu, dikisahkan dari Hadits Riwayat Muslim bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya kepada salah seorang sahabatnya, yang ternyata pada saat itu mengenakan pakaian berwarna kuning. 

"Apakah ibumu yang memerintahkanmu untuk mengenakan pakaian ini?," tanya Rasulullah SAW. 

BACA JUGA:MERINDING! Mimpi Seorang Ulama Melihat Rasulullah SAW Tengah Bersedih, Penyebabnya Bikin Hati Pilu

Bukannya menjawab, sahabat Rasulullah SAW itu justru balik bertanya, apakah pakaiannya harus dicuci kembali supaya dirinya tidak menggunakan pakaian itu kembali. 

"Apakah aku harus mencuci keduanya?," tanya Abdullah bin Amr bin 'Ash.

Kemudian Rasulullah SAW menjawab, bahwa pakaiannya itu harus dibakar. "Tidak, tapi keduanya harus dibakar," tegasnya. 

Dalam hadist Muslim lainnya dikatakan bahwa "Sesungguhnya pakaian yang dicelup dengan warna kuning adalah pakaian orang kafir, maka janganlah kamu memakainya lagi".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: