Wajib Tau! Berikut 4 Jenis Pupuk yang Cocok untuk Tanaman Hias

 Wajib Tau! Berikut 4 Jenis Pupuk yang Cocok untuk Tanaman Hias

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Tanaman hias butuh nutrisi cukup untuk tumbuh subur dan bertunas daun cantik. Meski diletakkan di dalam ruangan, pemberian pupuk yang mengandung nutrisi diperlukan untuk setiap tanaman. 

Bagi penyuka atau pemelihara tanaman, penggunaan pupuk untuk tanaman hias adalah wajib. Pupuk membantu tanaman untuk tumbuh subur. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik, perlu mengetahui jenis pupuk yang cocok untuk tanaman hias karena tiap-tiap tanaman memiliki kebutuhan pupuk yang berbeda.

Ada dua jenis pupuk yang tersedia di pasaran yakni pupuk organik dan anorganik. pupuk organik umumnya lebih populer digunakan karena lebih menggemburkan tanah dan membantu tanaman menyimpan air lebih baik.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tanaman Hias Penyerap Alami Kelembaban di Rumah

Pupuk organik merupakan pupuk yang berasal langsung dari kotoran hewani, sehingga kaya kandungan nutrisi alami yang baik tanah dan mikroorganisme tanah.

Sedangkan pupuk anorganik merupakan pupuk buatan dari zat kimia yang mudah larut sehingga dapat langsung diserap tanaman tanpa membutuhkan proses penguraian.

Pupuk merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses untuk merawat tanaman hias. Karena kebanyakan tanaman hias berada di pot, maka membutuhkan asupan unsur hara dari pupuk agar bisa tumbuh dengan subur.

Berikut 4 jenis pupuk yang cocok untuk tanaman hias dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber:

BACA JUGA:5 Tips Membersihkan Daun Tanaman Hias agar Bersih dan Kinclong

1. NPK

Pupuk NPK merupakan pupuk dengan kandungan tiga unsur makro utama yakni Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalium (K).

Bentuk fisik pupuk NPK yang beredar di pasaran sangat beragam, seperti pelet, briket, kristal, bubuk, hingga cair dengan komposisi kandungan yang berbeda-beda.

Secara umum, pupuk NPK membantu pertumbuhan tanaman dan mempercepat pembungaan pada tanaman hias berbunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: