5 Tips Membersihkan Daun Tanaman Hias agar Bersih dan Kinclong

5 Tips Membersihkan Daun Tanaman Hias agar Bersih dan Kinclong

Mengelap debu yang menempel pada daun dengan lap basah.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Koleksi tanaman hias mungkin akan tumbuh subur dengan rajin disiram, diberi pupuk dan sinar matahari yang cukup.

Mengoleksi tanaman menjadi hobi sebagian orang, sejak masa pandemi beberapa waktu lalu untuk mengusir kebosanan di rumah.

Selain bunga yang cantik, ukuran, bentuk, dan warna daun tanaman juga merupakan daya tarik tersendiri. Untuk itu daun tanaman juga butuh perawatan, terutama pada tanaman yang tidak berbunga.

Nah, untuk membuat daun mengkilap merawat tanaman tak cukup hanya dengan memberi air dan pupuk. Namun  juga perlu tahu cara membersihkan daun tanaman hias.

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Tanaman Hias Tahan Cuaca Panas, Cocok untuk Daerah Tropis

Selain agar tidak tampak kusam, peduli akan perawatan daun tanaman hias ini penting bagi kesuburan tanaman itu sendiri.

Apabila daunnya tertutup debu, akan menyulitkan tanaman untuk berfotosintesis. Daun tanaman yang bersih maka akan maksimal dalam berfotosintesis. Tumbuh secara optimal serta tidak rentan terserang hama seperti tungau daun.

Saat musim hujan atau menyiram tanaman, tak jarang tetesan air atau embun hinggap di daun sehingga menimbulkan bekas yang kurang enak dipandang. Bahkan bekas tersebut juga membuat daun terlihat kusam.

Membersihkan daun-daun pada tanaman hias memang tidak perlu setiap hari. Asalkan rutin dan dilakukan secara berkala.

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Penghasil Oksigen Bikin Udara di Rumah Lebih Bersih

Langkah mudah mengetahui waktu yang tepat untuk membersihkan daun tanaman yaitu tinggal colek menggunakan satu jari. Bila merasakan debu-debu menempel maka segera bersihkan.

Begitupun sebaliknya, apabila permukaan daun masih terasa lembap, sebaiknya tunda membersihkannya dan tunggu sampai kering terlebih dulu.

Ada 5 tipe membersihkan daun tanaman hias agar bersih dan terlihat kinclong yang dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Air dan Sabun

BACA JUGA:5 Tanaman Hias Cantik Namun Perawatan Sulit, Butuh Asisten Khusus

Apabila tanaman hias ditempatkan di outdoor terutama dekat dengan jalanan kendaraan, menyiram dengan air saja memang kurang cukup.

Sesekali bisa bersihkan dengan air larutan sabun cuci piring takaran ¼ sendok teh, lalu beri satu liter air hangat ke dalam botol semprotan.

Setelah menyemprot dengan sabun, selanjutnya tinggal keringkan daun tanaman memakai lap lembut untuk memastikan tidak ada sisa sabun yang menempel.

2. Air Hangat

BACA JUGA:5 Bahan Alami Penyubur Tanaman Hias Pengganti Pupuk Kimia

Menghilangkan kotoran maupun debu khususnya untuk tanaman hias kecil, dianjurkan dengan cara merendam atau cukup mencelupkannya ke dalam air hangat.

Teknik ini memang sedikit merepotkan karena bagian tanah di pot harus tetap kering. Untuk itu, sebelum merendam tanaman hias mini Anda di dalam baskom air, bungkus bagian pot menggunakan plastik, lalu ikat sampai rapat.

Atau boleh juga membalikkan tanaman kecil tersebut dan celupkan pada air hangat tadi. Tapi, pastikan tangan Anda menahan bagian tanah pot supaya tidak berjatuhan.

3. Kain Basah

BACA JUGA:Koleksi Tanaman Hias Mendadak Mati, Simak 5 Penyebab dan Solusinya Berikut Ini

Teruntuk tanaman hias berdaun lebar, dapat dibersihkan memakai kain setengah basah atau lembap yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.

Teknik memakai kain basah ini memang paling sederhana. Sayangnya, kurang cocok jika dilakukan pada daun tanaman kecil karena akan memakan waktu lebih lama.

Untuk hasil bersih yang optimal, gunakan kain berserat halus seperti lap microfiber. Lap microfiber ini memang didesain sebagai bahan dasar kain pembersih yang efektif mengangkat kotoran, minyak, dan menyerap air sehingga cocok untuk membersihkan daun tanaman hias.

Alternatif lain, bisa menggunakan tisu basah yang mengandung minyak lanolin yang biasa diperuntukkan bagi bayi.

BACA JUGA:Mudah Dirawat, Berikut 5 Tanaman Hias Aglonema Penghias Teras Rumah

4. Air dan Cuka

Cuka cukup ampuh untuk membersihkan tanda air dari daun. Campurkan 1-2 sendok teh cuka putih dalam satu liter air.

Tuang isinya ke dalam botol semprot, aduk rata, dan semprotkan ke dedaunan. Biarkan selama beberapa detik, lalu bersihkan menggunakan kain katun basah. Lakukan ini sesekali untuk menjaga agar daunnya tetap bersih!

5. Kemoceng

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Tumbuh Tinggi, Bikin Ruangan Cantik dan Sejuk

Cara membersihkan daun tanaman hias yang berdebu namun tidak terlalu tebal, bisa dengan kemoceng berbulu halus.

Caranya dengan menyapu permukaan daun secara perlahan supaya tidak tergores. Teknik ini bisa dilakukan untuk jenis daun yang tumbuhnya menumpuk.

Selain itu, membersihkan daun tanaman menggunakan kemoceng ini sangat disarankan bagi tanaman indoor.

Dengan mencoba cara membersihkan daun tanaman hias di atas,  tidak perlu lagi membeli pembersih tanaman hias yang mahal.

BACA JUGA:Tanaman Liar yang Bisa Disulap Jadi Tanaman Hias dan Bernilai Jual

Asalkan dilap secara rutin, daun tanaman hias akan terhindar dari kusam, berdebu, dan terlihat kinclong. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: