Jadi Buruan Penggila Otomotif! Ternyata Ini Keunggulan CDI Suzuki Shogun Kebo

Jadi Buruan Penggila Otomotif! Ternyata Ini Keunggulan CDI Suzuki Shogun Kebo

suzuki shogun Kebo kendaraan legend buruan kolektor--

SUMEKS.CO - Kalangan dunia otomotif pasti sudah paham dengan kelebihan CDI Suzuki Shogun Kebo. Bahkan, CDI sepeda motor yang diproduksi tahun 1995 hingga 1998 ini, menjadi buruan. 

Lantas apa sih kelebihan CDI sepeda motor yang sempat membuat nama Suzuki melambung ini? Shogun 110 "Kebo" merupakan generasi pertama Shogun, yang memang dibekali CDI berbeda dari sepeda motor bebek lainnya. 

CDI Shogun yang dijuluki Kebo karena bodinya yang gemuk ini, bebas limiter (unlimited). Padahal sepeda motor umum, limiter itu untuk menjaga putaran mesin pada yang seharusnya. 


cdi suzuki shogun kebo--

Sedangkan CDI Shogun Kebo membuat mesin sepeda bisa digeber dengan rpm tinggi. Meski pada dasarnya setiap CDI sepeda motor miliki batasan atau limiter. 

Namun setiap CDI sepeda motor berbeda limiter. Sedangkan CDI Shogun Kebo jauh diatas limiter sepeda motor bebek umumnya, yakni rata-rata diangka 8.000 rpm hingga 9.000 rpm. 

BACA JUGA:Siap Jadi Teman Berpetualang Para Kawula Muda, Suzuki Vanvan 200 Hadir dengan Segudang Fitur Baru

Sedangkan CDI Suzuki Shogun Kebo kabarnya mampu membuat putaran mesin mencapai 13.000 rpm. Ini jauh diatas Suzuki Satria FU yang dikenal sebagai sepeda motor bebek gahar. 

Dengan kelebihannya itu, bukan hal baru bila CDI Shogun Kebo menjadi buruan, khususnya mekanik untuk keperluan modifikasi. 

Komponen Shogun generasi pertama ini banyak digunakan para pembalap tanah air, dengan kelebihan yang dimiliki. 

Selain itu, cara kerja CDI Shogun Kebo masih analog. Jadi, sangat mudah setting timing pengapian secara mekanis. Mekanik awam pun juga bisa melakukan setting CDI ini. 

BACA JUGA:SUZUKI Vanvan 200 Adopsi Gaya Saudara Tuanya: TS 125

Derajat timing pengapian bisa diatur lewat panjang pick up pulser, dan tonjolan pick up pulser dapat dilihat di mangkuk magnet.

Meski termasuk CDI unlimited, namun CDI Shogun Kebo memiliki kurva pengapian yang masih standar. Jadi, CDI ini lebih cocok digunakan untuk mesin sepeda motor yang belum dimodifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: