Pesanggrahan Menumbing, Perpaduan Sempurna antara Sejarah dan Keindahan Alam Ingat Soekarno: Jas Merah

Pesanggrahan Menumbing, Perpaduan Sempurna antara Sejarah dan Keindahan Alam Ingat Soekarno: Jas Merah

Mobil Ford Deluxe 8 nop[ol BN 10 terparkir di sebuah sudut ruangan di Wisma Menumbing, Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung--

SUMEKS.CO- Pernahkah anda ke Bangka Belitung (Babel). Rasanya belum lengkap jika Anda belum singgah ke wisata sejarah yang legendaris, Pesanggrahan Menumbing atau Gunung Menumbing.

Akan banyak kenangan yang anda dapatkan di destinasi wisata sejarah yang menjadi tujuan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara (wisman) ini.

Nama lengkapnya adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Menumbing

Lokasinya terletak di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Ya lokasi ini menawarkan pengalaman wisata sejarah yang menggabungkan elemen sejarah dan keindahan alam.

Gunung Menumbing, yang juga dikenal dengan sebutan Bukit Menumbing, merupakan salah satu titik penting di Tahura.

Berlokasi di Kota Muntok, puncak gunung Manumbing ini menjadi saksi sejarah penting bangsa Indonesia. 

Di atasnya berdiri Wisma Menumbing atau Pesanggerahan Menumbing, bangunan bersejarah yang menjadi tempat pengasingan Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno, selama periode penjajahan Belanda.

BACA JUGA:Rutan Muntok Canangkan Rutan Bersinar

Bangunan ini memiliki sejarah panjang. 

Dibangun antara tahun 1928 hingga 1933, wisma ini kini berfungsi sebagai monumen bersejarah yang mengingatkan kita pada perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pendahulu bangsa.


Mobil Ford Deluxe 8 nopol BN 10 terparkir di sebuah sudut ruangan di Wisma Menumbing, Muntok, Bangka Barat Provinsi Babel--

Ingat kan kutipan terkenal dari Presiden Ir Soekarno, "Jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jas Merah)," yang diucapkan pada peringatan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1966. 

Serasa memberikan gambaran betapa pentingnya bangunan ini dalam sejarah Indonesia. 

Jangan menjadi orang yang bangga wisata ke manca negara tapi tidak tau dan tak pernah berkunjung ke wisata sejarah lokal dengan penuh kenangan sejarah perjuangan bangsa ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: