Ratu Dewa Minta Seluruh Masjid di Palembang Segera Gelar Salat Istisqa

Ratu Dewa Minta Seluruh Masjid di Palembang Segera Gelar Salat Istisqa

-Naba Anwar-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang beserta jajaran menggelar Salat Istisqa dan doa bersama memohon turun hujan, di Kantor Wali Kota Palembang pada Sabtu, 30 September 2023 pagi. 

Hadir Pj Wali Kota Palembang H Ratu Dewa, Pj Sekda Kota Palembang H Gunawan, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Palembang beserta ratusan pegawai. Salat Istisqa dilimpin Ustaz Abdulrahman Ramli sebagai imam/khatib.

Saat menyampaikan Khotbah, Ustad Abdulrahman Ramli mengatakan bahwa Salat Istisqa harusnya diawali dengan puasa selama tiga hari berturut-turut. 

"Setelah itu barulah di hari keempat dilaksanakan Salat Istisqa. Tujuan kita bersama melaksanakan Salat Istisqa tidak lain untuk bertobat dan memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah kita lakukan,' ungkapnya. 

BACA JUGA:Kualitas Udara di Palembang Hari Ini Lebih Buruk Dibanding Minggu Lalu, Masuk Kategori Sangat Tidak Sehat

Usai Salat Istisqa, Ustaz Abdulrahman memimpin doa bersama memohon turun hujan

Sementara, Pj Wako Palembang saat menyampaikan sambutan mengatakan bahwa Salat Istisqa penting untuk dilakukan guna memohon diturunkan hujan oleh Allah SWT. 

"Oleh karena itu saya berinisiatif melaksanakan Salat Istisqa atau salat meminta hujan. Sudah saya kasih suray edaran sejak kemarin-kemarin kepada OPD untuk ikut serta. Tentu kita bersama berharap mudah-mudahan doa kita dikabulkan dan doa kita diijabah Allah SWT," katanya. 

Selain itu, Ratu Dewa juga menyampaikan bahwa ISPU Kota Palembang terus mengalami peningkatan. Ditandai dengan kabut asap yang tebal dan bisa mengganggu kesehatan pernapasan.

BACA JUGA:Kabut Asap Kian Tebal, Dinas Pendidikan Palembang Resmi Keluarkan Surat Edaran, Jam Belajar Dikurangi 10 Menit

“ISPU Palembang sudah naik tinggi 305. Artinya sudah masuk di kategori berbahaya. Segala upaya telah dilaksanakan sejak saya dua hari menjabat sebagai PJ Wako," ungkapnya. 

Oleh karena itu, Ratu Dewa telah meminta Camat dan Lurah untuk siap setia atau standby 24 jam dan terus memantau sumber yang bisa menimbulkan titik api pembakaran lahan. 

"Kemudian saya meminta badan penanggulangan bencana untuk sigap, dan koordinasi dengan instansi terkait," tuturnya. 

Kendati demikian, pada kesempatan Salat Istisqa tersebut, Ratu Dewa pesankan seluruh Masjid yang ada di Palembang sebanyak 1990 agar segera melaksanakan Salat Istisqa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: