Kualitas Udara di Palembang Hari Ini Lebih Buruk Dibanding Minggu Lalu, Masuk Kategori Sangat Tidak Sehat

Kualitas Udara di Palembang Hari Ini Lebih Buruk Dibanding Minggu Lalu, Masuk Kategori Sangat Tidak Sehat

Jembatan Ampera Kota Palembang tertutup kabut asap.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kualitas Udara di Kota Palembang, Sumatera Selatan,hari ini, Minggu 17 September 2023 masuk kategori sangat tidak sehat atau lebih buruk dibanding minggu kemarin.

Hal tersebut berdasarkan informasi tentang kualitas udara yang tidak sehat dilansir website indeks kualitas udara yakni IQAir per Minggu  17 September 2023 pukul 11.00 WIB.

Menurut IQAir, Palembang saat ini masuk ke dalam kategori sangat tidak sehat ditandai berwarna ungu, dengan konsentrasi polutan utama PM2.5 mencapai angka 218.

Hal ini berarti bahwa konsentrasi PM2.5 di Palembang sekitar 32.2 kali lipat lebih tinggi dari nilai panduan kualitas udara tahunan yang ditetapkan oleh WHO.

BACA JUGA:Kualitas Udara pada Sore dan Malam Ini di Palembang Memburuk, Asap Karhutla Kian Tebal dan Pekat

Jika dibandingkan minggu lalu 11 September 2023 lalu masuk ke dalam kategori tidak sehat ditandai dengan warna merah, dengan konsentrasi polutan utama PM2.5 mencapai angka 151.

Hal ini berarti bahwa konsentrasi PM2.5 di Palembang sekitar 11.2 kali lipat lebih tinggi dari nilai panduan kualitas udara tahunan yang ditetapkan oleh WHO.

Dapat diartikan perbandingan konsentrasi PM2.5 di Palembang pada minggu lalu dengan hari ini meningkat signifikan. Yakni dari 151 menjadi 218.

Wilayah-wilayah di Palembang seperti Sukarami,  kenten masuk ke dalam kategori tidak sehat dengan peringatan berwarna merah atau  konsentrasi polutan utama PM2.5 mencapai angka 168.

BACA JUGA:Kualitas Udara di Palembang Masih Buruk, Pemkot akan Pertimbangkan untuk Meliburkan Sekolah

Sementara wilayah Demang Lebar Daun, dan Bukit Kecil masuk ke dalam kategori tidak sehat dengan peringatan berwarna merah atau  konsentrasi polutan utama PM2.5 mencapai angka 181.

Sementara menurut pantauan SUMEKS.CO di wilayah Palembang asap pekat terlihat sekitar pukul 7.00 sampai 11.00 WIB.

Bahkan, di pusat Kota Palembang yakni Sungai Musi, Jembatan Ampera dan sekitarnya asap sangat pekat menyelimuti langit di wilayah tersebut.

"Kita harap udara di Palembang semakin membaik. Dalam hal ini peran Pemerintah sangay diperlukan untuk mengatasi hal ini," kata Ainun warga Palembang.

BACA JUGA:PERINGATAN DINI! Kualitas Udara di Palembang Kian Tidak Sehat, Ayo Segera Gunakan Masker

Adapun cara menghindari diri dari polusi udara antara lain kenakan masker di luar, nyalakan penyaring udara, tutup jendela anda untuk menghindari udara luar yang kotor, hindari aktivitas outdoor.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: