Gubernur Herman Deru Serahkan Bantuan Pertanian dari Pemkab OKU Timur untuk Semangati Petani

Gubernur Herman Deru Serahkan Bantuan Pertanian dari Pemkab OKU Timur untuk Semangati Petani

Gubernur Sumsel H Herman Deru meninjau sawah milik petani di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sabtu, 16 September 2023.--dok : sumeks.co

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Herman Deru Berharap Ada Cara Permanen Atasi Karhutla, Sebab Kejadian Berulang Tiap Tahun

Wilayah luas irigasi namun belum cukup untuk memaksimalkan peningkatan produktivitas pangan petani terlebih Sumsel ditugaskan menjadi daerah penyangga pangan nasional dengan tambahan produksi 200.000 ton lagi dari pusat. 

"Kalau untuk kebutuhan Sumsel setahun 500.000 ton kita sudah lewat, tapi kita ditugaskan meningkatkan produksi 200.000 ton lagi dari produksi kita 3 juta ton," jelasnya. 

Karena itu pula untuk menyemangati petani, Gubernur Herman Deru  hadir langsung menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pertanian Pemkab OKU Timur pada petani. 

"Makanya ini Bupati membagikan alsintan, alat pertanian untuk petani dan tadi ada beberapa kabupaten lain juga yang dibantu juga sehingga peralatan petani cukup," jelasnya. 

BACA JUGA:Herman Deru Lakukan Peninjauan Asap Dengan BNPB RI, Pertajam Penanganan Karhutla di Sumsel

Gubernur Herman Deru juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada para petani yang ada di Kabupaten OKU Timur ini yang sudah memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan produksi di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022. 

Harapan besar di tahun ini petani masih berkontribusi besar terhadap angka produksi Provinsi Sumatera Selatan. 

Beberapa peralatan pertanian yang diserahkan secara simbolis itu diantaranya meliputi Combine Harvester, Traktor Roda 4 (Pemprov), Rice Milling Unit (RMU) ( Pemprov), Traktor Roda 2, Rice Transplanter, Pompa Air, Cultivator, Pupuk Organik Cair, Benih Padi, Benih Sayuran, Jalan Hsaha Tani, Listrik Masuk Sawah, dan Bibit Duku. 

Sementara itu Bupati OKU Timur H Lanosin mengatakan sangat bangga dan semakin termotivasi atas penghargaan yang diberikan. Iapun optimistis produksi padi di OKUT dapat mencapai 1 juta ton GKP dan GKG. 

BACA JUGA:Herman Deru Ajak Gerakan Pramuka Jadi Pendidik Humanis Berbasis Pada Nilai-Nilai Kemanusiaan

"Untuk meningkatkan produksi tersebut kita akan terus mendorong agar bisa memperluas lahan pertanian,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga sempat melakukan panen raya Padi IP 300 Tahun 2023  untuk Percepatan Tanaman Tahun 2024 bersama para petani OKU Timur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: