Fakta Menarik! Makan Apel di Pagi Hari Lebih Ampuh Bikin Mata Melek Dibanding Kopi

Fakta Menarik! Makan Apel di Pagi Hari Lebih Ampuh Bikin Mata Melek Dibanding Kopi

--net

SUMEKS.CO -  Sebagian orang mengira mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari dapat menjadi salah satu alasan menghilangkan rasa kantuk.

Salah satu alternatif menjaga kestabilan rasa kantuk dipagi hari adalah dengan mengkonsumsi buah apel, ini akan menjadi hal yang efektif dibanding dengan secangkir kopi.

Ini bukan karena apel mengandung kafein tapi karena tingkat glukosa atau kadar gula alami yang terkandung dalam buah apel termasuk tinggi.

Diketahui bahwa buah apel adalah salah satu buah yang rendah lemak tapi kaya akan kalori dan enzim dimana bisa membantu memecah dan mencerna makanan lain yang dikonsumsi.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Mahkota Dewa dan Cara Mengolahnya

Menurut beberapa penelitian menyebutkan dengan mengkonsumsi satu buah apel di pagi hari akan jauh lebih efektif untuk membuat seseorang tetap terjaga karena apel mengandung glukosa yang bisa memberikan energi ke otak dan membuat orang tetap terjaga dan tentunya berstamina.

Pada secangkir kopi memang mengandung kafein yang berkhasiat memompa tekanan darah, suhu tubuh, pernapasan, kadar oksigen dan juga aktivitas otak. Tapi jika ada yang lebih ampuh dan ternyata lebih menyehatkan kenapa tidak.

Buah apel adalah alternatif yang lebih sehat untuk menghilangkan rasa kantuk yang juga tidak membuat ketagihan dibanding secangkir kafein dalam kopi.

Buah apel merupakan salah satu buah yang paling bergizi dan juga banyak serta mudah ditemukan dimana mengandung sederet nutrisi diantaranya seperti karbohidrat, serat yang baik untuk tubuh, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, vitamin C, A dan folat.

BACA JUGA:6 Buah-Buahan Tinggi Protein, untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Dikutip dari berbagai sumber, Apple phytochemicals and their health benefits, menyebutkan bahwa buah apel mengandung berbagai fitokimia yang meliputi quercetin, catechin, phloridzin dan asam chollogenic yang memiliki sifat antioksidan kuat.

Mengkonsumsi buah secara teratur telah diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan oksidasi lipid dan menurunkan kolesterol.

Selain itu apel tidak mengandung kafein seperti kopi yang merangsang tubuh dan juga menangkal kelelahan.

Kandungan kafein dalam kopi juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya dapat memperburuk kadar keasaman, melarutkan mineral, dan menyebabkan sulit tidur, hingga kecanduan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: