Verifikasi Lapangan Zona Integritas, Tim Penilai Mandiri Itjen Apresiasi Inovasi Lapas Martapura

Verifikasi Lapangan Zona Integritas, Tim Penilai Mandiri Itjen Apresiasi Inovasi Lapas Martapura

Tim Penilai Mandiri Itjen Apresiasi Inovasi Lapas Martapura.--

MARTAPURA, SUMEKS.CO - Progres pembangunan Zona Integritas (ZI) telah memasuki tahap penilaian.

Tim Penilai Mandiri (TPM) dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI mulai melakukan penilaian mandiri dengan metode on desk dan Observasi / verifikasi lapangan pada satuan kerja usulan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) se-Indonesia.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Martapura Kemenkumham Sumsel diuji langsung untuk menentukan kelayakannya melalui verifikasi lapangan oleh Tim Penilai Mandiri Inspektorat Jenderal.

Verifikasi lapangan ini dilakukan guna melakukan crosscheck situasi dan kondisi aktual di lapangan serta inovasi-inovasi yang ditampilkan satuan kerja.

BACA JUGA:Tegas! Kakanwil Kemenkumham Sumsel Minta Petugas P2U Jaga Integritas, dan Optimalkan Peran Satgas P4GN

Dalam verifikasi lapangan tersebut, TPM meninjau area layanan terpadu Lapas Martapura, beberapa hal dilihat mulai dari sarana dan prasarana, mekanisme layanan kunjungan, layanan penitipan barang, layanan informasi, layanan integrasi (PB, CB, CMB dan Asimilasi), hingga kegiatan pembinaan WBP.

Secara umum situasi dan kondisi aktual di Lapas Kelas IIB Martapura sudah sesuai dengan yang dipaparkan pada saat evaluasi.

Yon Sumitro selaku Pengendali Teknis TPM juga menyempatkan berdialog dengan pengunjung dan warga binaan yang ada.

Selain itu, Tim Penilai Mandiri juga mengapresiasi Agen Perubahan Lapas Kelas IIB Martapura yg telah melahirkan berbagai inovasi pelayanan publik, seperti TANI (Tanggap Melayani) dan Door Lock.

BACA JUGA: Jaga Keamanan di Lapas dan Rutan, Kemenkumham Sumsel Gandeng Kodim 0418/Palembang

TANI merupakan layanan yang terintegrasi berbasis WhatsApp yg memiliki fitur layanan tatap muka, pendaftaran secara online, serta informasi integrasi dan remisi yang dapat diakses langsung oleh masyarakat.

Sedangkan inovasi Door Lock  bertujuan memperketat keamanan dan pembatasan warga binaan yang melewati steril area serta serta mencegah gangguan keamanan dan ketertiban.

Kepala Lapas Kelas IIB Martapura, Edi Saputra menjelaskan secara rinci keadaan Lapas Marpatura sebelum dan sesudah Pembangunan Zona Integritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: