Ungkap Peran Sentral Polwan Sukseskan Pemilu 2024, Lakukan Pengamanan dan Penegakan Hukum

Ungkap Peran Sentral Polwan Sukseskan Pemilu 2024, Lakukan Pengamanan dan Penegakan Hukum

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat menjadi narasumber dalam Webinar Nasional Peningkatan Kompetensi Polwan Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Polwan ke-75 Tahun 2023 yang diselenggarakan secara 'hybrid' di Jakarta, Selasa 29 Agustus 2023.--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengungkapkan pentingnya peran Polri dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas. 

Menurutnya polisi wanita (polwan) memegang peran sentral dalam melakukan pengamanan serta penegakan hukum pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada).

"Kita ingat dalam demonstrasi Pemilu 2019 mulainya ada kericuhan karena massa perempuan yang maju. Karena itu, perlu pendekatan dan pengamanan dari para polwan dalam menganganinya sehingga tak meluas menjadi kerusuhan," ungkapnya saat hadir secara langsung dalam Webinar Nasional Peningkatan Kompetensi polwan Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi polwan Ke-75 Tahun 2023 yang diselenggarakan secara 'hybrid' di Jakarta, Selasa 29 Agustus 2023.

Bagja menuturkan, perlu sinergisitas penyelenggara pemilu dan Polri. 

BACA JUGA:Dalam Menindak Pidana Pemilu, Bawaslu adalah Pintu Pertama Pelaporan Pelanggaran

"Penyelenggara pemilu (KPU; Bawaslu; dan DKPP) bersama Polri/TNI dan para pemangku kepentingan seperti tokoh adat, tokoh masyarakat, atau ulama perlu bersama-sama menciptakan efektivitas pengamanan pemilu," ungkapnya.

Peran Polri, lanjut dia, dalam pengamanan dan ketertiban umum dalam setiap tahapan pemilu. 

“Lalu dalam penegakan hukum pidana pemilu pada Sentra Gakkumdu dengan menjalin sinergi bersama Bawaslu dan kejaksaan. Seluruh laporan tindak pidana pemilu harus terlebih dahulu melalui Bawaslu," tutur lelaki kelahiran Medan, 10 Februari, 43 tahun silam ini.

Dia menambahkan, peran Polri ketiga yakni bantuan logistik pemilu. 

BACA JUGA:Cocok Ditempatkan Dalam Pot Mini, 5 Jenis Bunga Hias Kecil Wajib Ada Dalam Rumah

“Polri melakukan pengamanan dan pengawasan logistik pemilu dengan tepat waktu. Kapal-kapal Polri juga bisa membantu distribusi logistik," sebut sarjana hukum dari Universitas Indonesia tersebut.

Magister hukum dari Utrecht University, Belanda ini menyatakan peran Polri keempat yang tak kalah penting dalam memberikan pendidikan pemilih dengan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. 

“Polwan juga dapat bergabung bersama lingkup pengawasan perempuan dalam memberikan pendidikan kepemiluan sekaligus memaksimalkan pengawasan partisipatif. Kami mendukung penguatan profesionalitas polwan dalam pemilu,” imbuh dia.

Dirinya pun mengingatkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang merupakan kali pertama diadakan secara keseluruhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: