Semarakkan HUT ke-78 Kemenkumham, Ini Kegiatan yang Dilakukan Kemenkumham Babel

Semarakkan HUT ke-78 Kemenkumham, Ini Kegiatan yang Dilakukan Kemenkumham Babel

Semarakkan HUT ke-78 Kemenkumham, Ini Kegiatan yang Dilakukan Kemenkumham Babel.--

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO – Untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2023, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung telah lakukan beragam kegiatan.

Plh. Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Babel Eva Gantini, Minggu (20/8) mengatakan, tema HUT Kemenkumham tahun ini adalah “Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju”.

Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu Bakti Sosial Donor Darah yang digelar pada tanggal 31 Juli 2023.

Pada kegiatan ini Kemenkumham Babel menyumbang 69 kantong darah ke PMI. Kegiatan tersebut berlangsung di empat tempat yakni, Aula Kanwil Kemenkumham Babel (untuk pegawai Kanwil dan UPT di Kota Pangkalpinang), Aula Lapas Tanjungpandan, PMI Bangka Barat (bagi pegawai Rutan Muntok), dan PMI Tanjungpandan (bagi pegawai Kanim Tanjungpandan).

BACA JUGA:Kalahkan Kazakhstan, Tim Voli Putra Indonesia Melaju ke 12 Besar Asian Men's Volleyball Championship 2023

Menurut Eva Gantini, pihaknya juga telah melakukan Penyuluhan Hukum Serentak tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) pada 2 Agustus 2023, terpusat dari Kantor Walikota Pangkalpinang dan dibuka langsung oleh Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil.

Dua lokasi lainnya yaitu Desa Air Mesu Bangka Tengah dan Kelurahan Pangkal Lalang Kabupaten Belitung.

“Total peserta berjumlah 200 orang yang terdiri dari para Lurah, perangkat Desa, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat,” ujar Eva.

Tidak hanya itu, Kanwil Kemenkumham Babel juga mendekatkan layanan kepada masyarakat dengan membuka stand Legal Expo Kemenkumham pada ERPEKA Festival 2023 yang digelar di Wilhelmina Park Pangkalpinang, pada 4-6 Agustus 2023.

BACA JUGA:Pemdes Soak Batok Ogan Ilir Raih Piala Bergilir, Simak Daftar Pemenang Lomba Bidar dan Perahu Hias 2023

Pada kegiatan tersebut, disediakan konsultasi mengenai Hukum dan HAM serta diberikan pendampingan mengenai pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (seperti merek, hak cipta, dan lainnya), layanan Administrasi Hukum Umum (seperti Apostille dan Perseroan Perorangan) dan HAM. 

Selain itu, dipamerkan produk unggulan karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Babel seperti kerajinan tangan serta produk makanan.

“Pj. Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu sempat meninjau langsung dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini,” kata Eva.

Kemenkumham Babel melalui Kantor Imigrasi juga menggelar Layanan Paspor Merdeka yang dilakukan sebagai upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat di luar jam kerja, sehingga memudahkan masyarakat yang memiliki kesibukan di hari kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: