Semangat Hari Kemerdekaan, Ini 6 Rekomendasi Film Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Semangat Hari Kemerdekaan, Ini 6 Rekomendasi Film Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Semangat Hari Kemerdekaan ke-78 RI, tidak ada salahnya jika mengalihkan sedikit tontonan ke film-film yang bertemakan kemerdekaan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme.

Dalam platform streaming khususnya di Netflix bisa ditemukan banyak film yang bisa membuat andrenalin kebangsaan meningkat.

Sebagian dari film-film tersebut bahkan diangkat dari beberapa buku terkenal seperti karya milik Pramoedya Ananta Toer.

Selain itu ada banyak ragam film yang bisa disaksikan dengan tema kemerdekaan atau menceritakan biografi dari pahlawan-pahlawan di Indonesia.

BACA JUGA:Tayang Pekan Ini, Berikut 3 Rekomendasi Film Dokumenter yang Sayang Dilewatkan

1. Soekarno

Film Soekarno menjadi film pilihan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam menyambut hari kemerdekaan yang akan jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang.

Soekarno merupakan film yang dirilis pada tahun 2013 dan saat ini sudah bisa ditonton di Netflix.

Film besutan Hanung Bramantyo ini tentunya terinspirasi dari kisah Soekarno yang akan memperjuangkan segalanya untuk dan demi kemerdekaan negeri.

BACA JUGA:Petualangan Aksi Agen Rahasia Mata-Mata, Ini Sinopsis dan Review Film Heart of Stone yang Tayang di Netflix

Alur cerita dari film ini akan menceritakan tentang kilas balik kehidupan masa kecil Soekarno hingga saat dirinya memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 lalu.

Film ini berdurasi 2 jam 17 menit, menampilkan artis yang memiliki talenta luar biasa seperti Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Agus Mahesa, dan Tanta Ginting.

2. Bumi Manusia

Masih dalam garapan Hanung Bramantyo yang diadaptasi dari novel dengan judul sama karya dari Pramoedya Ananta Toer.

BACA JUGA:Ajak Penonton Menjelajah Ruang Angkasa, Film The Moon Tayang Di Bioskop Indonesia

Film ini berdurasi 3 jam 1 menit, dimana pada awal penayangannya hanya bisa ditonton di bioskop Indonesia, namun saat ini sudah hadir di Netflix.

Kemasan film ini terbilang sangat apik. Menampilkan Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, Sha Ine Febriyanti, Giorgino Abraham, dan Bryan Domani.

Alur yang diceritakan adalah tentang masa penjajahan pada latar kolonial Belanda. Dimana saat itu seorang pria yang berdarah ningrat Jawa jatuh cinta pada wanita blasteran Belanda.

3. Tjoet Nja' Dhien

BACA JUGA:Reboot Film Era 80an, Ini Sinopsis Catatan Si Boy yang Segera Tayang di Bioskop

Film jadul garapan Eros Djarot satu ini termasuk yang paling mengesankan dunia perfilman tanah air pada zamannya.

Film ini juga menjadi film pertama yang masuk dalam kategori di Festival Cannes. Menceritakan tentang sosok Cut Nyak Dien (Tjoet Nja' Dhien), pahlawan wanita Indonesia.

Sosok perempuan ini dengan suaminya Teuku Umar merupakan pahlawan nasional asal Aceh. Dimana kisah dikemas menarik yang menjadi pejuang tangguh dalam melawan kolonialisme Belanda di Aceh sampai akhirnya dikhianati Panglima Laot.

Kemudian Cuk Nyak Dien ini ditangkap belanda dalam keadaan tua yang sakit-sakitan dan buta kemudian diasingkan ke Sumedang.

BACA JUGA:Mengundang Tangis Satu Bioskop, Ini Sinopsis Film Ketika Berhenti Disini

4. Cadet 1947

Film yang tayang pada tahun 2021 lalu ini juga sudah bisa disaksikan di platform online streaming dengan durasi film 1 jam 51 menit.

Cadet 1947 ini akan membawa alur cerita tentang upaya sekelompok kadet yang berupaya mempertahankan pangkalan udara yang tersisa.

Cerita ini juga akan menceritakan pada saat terjadinya Agresi Militer Belanda setelah terjadinya perang dunia II.

BACA JUGA:Petualangan Live Action, Simak Sinopsis Film Barbie yang Segera Tayang Di Bioskop

Saat itu juga diceritakan bahwa Belanda menguasai beberapa lokasi strategis yang termasuk didalamnya adalah pangkalan udara.

Film ini menggaet beberapa artis Indonesia yaitu Kevin Julio, Bisma Karisma, Marthino Lio, dan Omara N. Esteghlal.

5. Sang pencerah

Film satu ini pasti akan menumbuhkan rasa nasionalis dalam diri seseorang terutama yang sedang mengemban dibidang pendidikan.

BACA JUGA:Seperti Berjuang di Neraka, Ini Sinopsis Film Bird Box Barcelona yang Tayang di Netflix

Masih dalam karya Hanung Bramantyo akan menceritakan tentang KH Ahmad Dahlan yang berjuang dalam memajukan pendidikan di Negeri ini yang dimulai dengan mendirikan organisasi Islam yang hingga saat ini tetap eksis yaitu Muhammadiyah.

Film sang pencerah ini didukung oleh pemeran bertalenta seperti Lukman Sardi, Slamet raharjo, dan Zaskia Adya Mecca dengan durasi film sekitar 1 jam 58 menit.

6. Kartini

Film yang tentunya mengangkat tentang kisah dari sosok Raden Ajeng Kartini ini diabadikan Hanung Bramantyo dalam sebuah film.

BACA JUGA:Tayang Di Bioskop, Ini Sinopsis Film The Childe, Aksi Kim Seon Ho Jadi Sorotan

Mengangkat kisah tentang Kartini yang merupakan kalangan bangsawan dan sangat peduli dengan pendidikan kaum wanita jelata.

Selain itu latar yang ditampilkan tentunya menggarap masa kehidupan di Tnah Jawa pada tahun 1900-an dimana diperankan oleh perempuan-perempuan multitalenta Indonesia yaitu Ayushita, Acha Septriasa, Deddy Sutomo, Christine Hakim dan Djenar Maesa Ayu.

Nah itu dia 6 rekomendasi film yang dapat meningkatkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: