Dongkrak Perekonomian, Lurah Pagar Wangi Fokus Bentuk KWT

Dongkrak Perekonomian, Lurah Pagar Wangi Fokus Bentuk KWT

KWT Dempo Karya Berseri memproduksi pupuk kompos di Dusun Dempo Karya, Kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempo Utara, belum lama ini. --

PAGARALAM, SUMEKS.CO - Guna mendongkrak perekonomian dan sebagai langkah aksi perubahan, membuat Lurah Pagar Wangi terus fokus mengembangkan Kelompok Wanita Tani (KWT). 

Diketahui, KWT adalah sebuah organisasi atau kelompok yang terdiri dari wanita-wanita di pedesaan atau perkotaan yang memiliki minat dan keterlibatan dalam berbagai aktivitas pertanian, peternakan, perikanan, dan kegiatan berbasis agrikultural lainnya.

Lurah Pagar Wangi Nyayu Salmah SSi menjelaskan, tujuan utama dari pembentukan KWT adalah untuk memberdayakan wanita di sektor pertanian, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola usaha pertanian.

Yakni dengan tujuan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga di lingkungan tempat tinggal mereka sendiri. 

BACA JUGA:Herman Deru Mendapat Penghargaan Adhikarya Naraya Pembangunan Pertanian dari Presiden RI

Diungkapkan Lurah, untuk pembentukan KWT Itu berawal dari aksi perubahan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat, dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah.

"Aksi itu juga berpijak dari Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan H Herman Deru,” ujar Nyayu kepada Pagaralam Pos, Senin 14 Agustus 2023 siang.

Saat ini, Lanjut Nyayu, sudah ada 2 kelompok KWT yakni di Dusun Dempo Karya, RT 03/RW 01 Kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempo Utara.

“Nantinya setelah kedua kelompok ini telah konsisten menjalankan tujuan utama dari KWT, kedepannya akan dibentuk lagi kelompok di Dusun lain, seperti di Dusun Tegur Wangi Baru dan Tegur Wangi Lama,” terangnya, dikutip pagaralampos.bacakoran.co, Selasa 15 Agustus 2023.

BACA JUGA:Kontribusi Sektor Pariwisata ke PAD Sumsel Catat Angka yang Fantastis

Dikatakannya, hasil positif juga telah ditunjukkan oleh KWT Dempo Karya Berseri yang telah mendapatkan orderan pembuatan kelompok kompos sebanyak 2 ton.

"Berharap dengan adanya pembentukan KWT ini, ekonomi masyarakat khususnya di Kelurahan Pagar Wangi dapat meningkat. Tentu dengan semangat gotong royong dan dukungan para anggota KWT, semoga akan mendapatkan hasil yang terbaik,” pungkasnya. (*) 

Berita ini telah tayang di pagaralampos.bacakoran.co dengan judul Dongkrak Perekonomian, Fokus Bentuk KWT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: