Herman Deru Mendapat Penghargaan Adhikarya Naraya Pembangunan Pertanian dari Presiden RI

Herman Deru Mendapat Penghargaan Adhikarya Naraya Pembangunan Pertanian dari Presiden RI

Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menerima piagam penghargaan dari Wakil Presiden Makruf Amin.--dok : sumeks.co

JAKARTA, SUMEKS.COGubernur Sumsel, H Herman Deru SH, MM kembali mendapatkan apresiasi dari Presiden RI, Joko Widodo, yaitu penghargaan Adhikarya Naraya Pembangunan Pertanian.

Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin didampingi Menteri Pertanian, H Syahrul Yasin Limpo kepada Gubernur Sumsel yang diwakili Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya, di Istana Wakil Presiden, Senin, 14 Agustus 2023.

Penghargaan Adhikarya Naraya Pembangunan Pertanian yang diberikan merupakan wujud dari apresiasi atas kontribusi dan keberhasilan Herman Deru dalam mendukung strategi pencapaian peningkatan produksi pertanian.

Dibawah Kepemimpinan Gubernur H Herman Deru dan Wakil Gubernur H Mawardi Yahya, Sumsel masuk lima besar terbaik se-Indonesia dalam bidang pembangunan pertanian sebagaimana yang telah ditetapkan Kementerian Pertanian RI.

BACA JUGA:Herman Deru Beri Apresiasi Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumsel, Ide Brilian Sumeks

"Saat ini Sumatera Selatan masuk lima besar. optimis di tahun selanjutnya berada di posisi tiga besar se-Indonesia," kata Wagub Sumsel.

Sementara itu Wapres KH Ma’ruf Amin, memberikan pujian kepada semua kepala daerah yang telah sukses dalam Pembangunan Pertanian dan Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian.

Sektor pertanian pada tataran makro lanjut Wapres, telah tumbuh positif secara konsisten.

Produk beras pada tahun 2022 mencapai 31,5 juta ton dan ekspor pertanian pada tahun yang sama berkisar Rp658 triliun. Hal itu juga diikuti  dengan peningkatan kesejahteraan petani, dimana Indeka Nilai Tukar Petani (NTP) tercatat meningkat yang merupakan cerminan kesejahteraan petani yang terus membaik.

BACA JUGA:Herman Deru Bangga Sumsel Jadi Tuan Rumah Peparpenas X Tahun 2023

Dalam kesempatan itu juga wapres memberikan tiga catatan untuk sektor pertanian.

Pertama, tingkatkan pertumbuhan sektor sebelum masa pandemi. Kedua, perlu upaya terintehrasi dari pusat hingga daerah untuk peningkatan produktivitas pertanjan, khususnya tanaman pangan.

Kemudian upaya ketiga, terus melakukan pendampingan UKMKM sektor pertanian agar dapat naik kelas untuk ekspor produk, akses pasar langsung, serta peningkatan kualitas produk dab konsisten produksi.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Herman Deru Undang Tim Tari Kolosal IKAWANGI Tampil Di Griya Agung

“Selamat dan sukses atas penghargaan yang telah diterima. Terimakasih atas dedikasi dan jerih payah bapak ibu sekalian," tutup Ma’ruf Amin.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: