Kakanwil Kemenkumham Babel Buka Lomba Kadarkum Bagi Pelajar SMA

Kakanwil Kemenkumham Babel Buka Lomba Kadarkum Bagi Pelajar SMA

Kakanwil Kemenkumham Babel Buka Lomba Kadarkum Bagi Pelajar SMA.--

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung buka lomba Kadarkum bagi Pelajar SMA se Babel ,di Gedung Mahligai Rumah Dinas Pj. Gubernur Babel, Kamis 10 Agustus 2023.

Dalam sambutannnya Harun mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hukum, juga untuk meningkatkan kesadaran hukum para pelajar SMA/SMK agar jadi generasi yang cerdas, memahami hukum, dan menjadi agen perubahan untuk mengajak semua orang taat kepada hukum.

"Materi yang dilombakan terkait , kekayaan intelektual, pencegahan penyalahgunaan narkotika dan taat berlalulintas," ujar Harun.

Kakanwil Harun menyebutkan 4 Indikator kesadaran hukum yang terdiri dari, pengetahuan tentang peraturan hukum, pemahaman tentang isi peraturan hukum, sikap terhadap peraturan-peraturan hukum, dan perilaku/ tindakan terhadap peraturan hukum.

BACA JUGA:Kasus Pembunuhan di Kawasan Pasar Prabumulih Masih Misteri, Saksi Kunci Disebut 'Takut'

“Kesadaran hukum akan terwujud apabila didukung oleh budaya hukum yang baik,“ kata Harun.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Azami Anwar mengapresiasi kegiatan ini .

“Ini merupakan ajang untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan pelajar mengenai kesadaran hukum, untuk diterapkan di keluarga, masyarakat dan di lingkungan sekitar," ucap Azami.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Eva Gantini mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun ke-78 Kementerian Hukum dan HAM RI.

BACA JUGA:Resmi Meluncur Mitsubishi XFORCE, Dibandrol Rp 379,9 Juta

Lomba ini diikuti oleh 7 sekolah yang mewakili Kabupaten/ Kota di wilayah Babel, yaitu SMA Negeri 3 Pangkalpinang, SMA Negeri 2 Sungaiselan, SMK Negeri 1 Kelapa, SMK Negeri 1 Simpang Rimba, SMA Negeri 1 Tanjungpandan, SMA Negeri 1 Riau Silip dan SMK Negeri 1 Manggar.

Sebagai dewan juri, Kepala Seksi Pengawas BNNP Babel Iptu Minarno, JFT Perancang Madya M. Iqbal, serta JFT Penyuluh Hukum Madya Ferry Yulianto.

Melihat semangat dan antusiasnya para peserta, Eva mengatakan lomba kadarkum ini rencananya akan menjadi agenda tetap tahunan program kanwil hukum HAM Babel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: