Terbaru! Selain Gereja yang Dibeli Muhammadiyah, Menara Giralda Juga Bukti Nyata Peradaban Islam di Spanyol

Terbaru! Selain Gereja yang Dibeli Muhammadiyah, Menara Giralda Juga Bukti Nyata Peradaban Islam di Spanyol

Bukti peradaban Islam di Spanyol salah satunya peninggalan Islam sangat berharga yakni, Menara Giralda yang dibangun pada masa Bani Ahmar.--

SUMEKS.CO - Terungkap, bukti peradaban Islam di Spanyol tak hanya gereja yang kini dibeli Muhammadiyah untuk kembali dijadikan masjid seperti era Abbasiyah. Namun, ada juga peninggalan Islam sangat berharga yakni, Menara Giralda yang dibangun pada masa Bani Ahmar.

Salah satu wilayah di bagian Eropa yang pernah mengalami fase kejayaan Islam pada masa kepemimpinan khalifah Abbasiyah yakni, Negara Spanyol.

Dikutip dari berbagai sumber, saat itu kejayaan Islam di Spanyol hanya mampu bertahan selama kurun waktu 8 abad.

Peradaban Islam di Spanyol mengalami kemajuan pesat yang ditandai dengan adanya kemajuan berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, arsitektur, agama, sastra dan ilmu pengetahuan.

BACA JUGA:Terbaru! Hagia Sophia di Turki Pernah Jadi Gereja Ortodoks dan Museum, Kembali Jadi Masjid Ditangan Orang Ini

Seiring berjalannnya waktu dan berganti masa kepemimpinan, era keemasan Islam di Spanyol berakhir setelah jatuhnya Kerajaan Granada atau masa Bani Ahmar pada tahun 1492. 

Berakhirnya kejayaan Islam di Spanyol ini meninggalkan berbagai peninggalan peradaban yang sangat berharga bagi umat muslim.


Bukti peradaban Islam di Spanyol salah satunya peninggalan Islam sangat berharga yakni, Menara Giralda yang dibangun pada masa Bani Ahmar.--

Salah satu peninggalan peradaban Islam di Spanyol yakni, Menara Giralda. Sebuah menara lonceng dibangun sebagai menara untuk Masjid Agung Sevilla di al-Andalus, Spanyol Moor.

Menara setinggi 104,1 meter ini kemudian didaftarkan pada tahun 1987 sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

BACA JUGA:Baitul Hikmah Dibakar Pasukan Mongol di Era Kejayaan Islam Bani Abbasiyah, Abad Kekosongan Jadi Misteri

Hingga kini, Menara Giralda tetap menjadi salah satu simbol kota yang paling penting, khususnya bukti mengenai adanya peradaban Islam seperti yang telah terjadi sejak Abad pertengahan.

Sementara itu, bukti kejayaan Islam di Spanyol juga terbukti dengan adanya Gereja Katedral Katolik Roma di Alcala de Henares, Madrid, Spanyol, yang dulunya dijadikan sebagai masjid ada masa Kekhalifahan Abbasiyah.

Namun, baru-baru ini gereja tersebut dibeli oleh salah satu organisasai Islam terbesar di Indonesia yakni, Muhammadiyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: