Telok Ukan, Kuliner Khas dan Tradisi Unik dalam Peringatan Kemerdekaan di Kota Palembang

Telok Ukan, Kuliner Khas dan Tradisi Unik dalam Peringatan Kemerdekaan di Kota Palembang

Telok Ukan--

SUMEKS.CO - Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.

Ini adalah hari penting dalam sejarah Indonesia karena pada tanggal 17 Agustus 1945, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Soekarno dan Hatta, yang menandai awal dari kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda.

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia umumnya dipenuhi dengan berbagai kegiatan yang meriah dan beragam di seluruh negeri. Beberapa kegiatan yang umumnya dilakukan pada hari tersebut adalah pameran, olahraga, ketangkasan, hiburan, permainan tradisional, serta adat dan budaya.

Selain menjadi momen hiburan dan kegembiraan, peringatan ini memiliki tujuan yang lebih mendalam, yaitu memupuk rasa persatuan, nasionalisme, dan cinta terhadap Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

BACA JUGA:Peringatan Pemerintah Mengenai PPIU Ilegal dalam Perjalanan Ibadah Umrah demi Keselamatan Jemaah

Kota Palembang memiliki tradisi khas dan unik dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Palembang, sebagai salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki warisan budaya yang kaya, mempunyai tradisi khusus yang memberikan warna dan semangat tersendiri dalam perayaan 17 Agustus.

Beberapa tradisi khas masyarakat Palembang merayakan kemerdekaan dengan cara yang unik dan berbeda yakni, Lomba Perahu Bidar  dan Perahu Hias di sungai Musi,  lomba permainan tradisonal dikampung-kampung dan ada juga Kapal Telok Abang dan lainnya. 

Kota Palembang juga memiliki kekayaan kuliner yang sangat khas dan terkenal di Indonesia.

Kuliner-kuliner ini tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga mencerminkan keberagaman cita rasa dan budaya masyarakat Palembang.

BACA JUGA:Armada Angkutan Batu Bara di PALI Disoal, Akan Gelar Demo di Palembang

Khusus menyambut hari Kemerdekaan Palembamg mempunyai salah satu makanan yang dibuat dan dijual pada momen hari kemerdekaan yaitu Telok Ukan

Telok Ukan adalah makanan yang berbahan dasar dari telur.

Biasanya bahan dasar yang digunakan adalah telur bebek.

Adapun cara membuatnya, telur bebek di keluarkan isinya dengan membuat lubang kecil pada bagian lonjong telur, setelah isinya dikeluarkan, dicampur dengan santan kelapa, jus daun pandan,  kapur sirih dan bumbu lainya untuk dijadikan adonan makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: