Berikut Tiga Nama yang Digadang-Gadang Jadi Pj Gubernur Sumsel Usulan DPRD Sumsel

  Berikut Tiga Nama yang Digadang-Gadang Jadi Pj Gubernur Sumsel Usulan DPRD Sumsel

Ilustrasi--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel, HM Giri Ramanda N Kiemas, mengungkapkan telah menyiapkan dan mengusulkan tiga nama calon penjabat (Pj) Gubernur Sumsel ke Kementerian Dalam Negeri. 

Perlu diketahui masa jabatan Gubernur Sumsel yang sekarang dijabat H Herman Deru, akan berakhir pada 1 Oktober 2023. 

Giri menjelaskan DPRD Sumsel hanya mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur Sumsel, dan keputusan akhir tetap berada di tangan Presiden.

Nama yang sudah diusulkan tersebut, yakni Sekda Sumsel Ir SA Supriono, Irjen Kemendagri, Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw, yang sebelumnya pernah menjabat Dirlantas Polda Sumsel. 

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Herman Deru Undang Tim Tari Kolosal IKAWANGI Tampil Di Griya Agung

Selanjutnya Komjen Pol Andap Budhi Revianto, yang saat ini menjabat sebagai Sekjen KemenkumHAM RI, dan pernah bertugas di Polda Sumsel.

Menurut Giri, mayoritas anggota DPRD Sumsel berharap bahwa Pj Gubernur Sumsel yang akan ditunjuk nantinya merupakan putra daerah Sumatera Selatan.

"Kalau yang menjadi Pj adalah putra asli Sumsel, harapannya adalah bahwa Pj tersebut bisa lebih memahami situasi dan kondisi daerah." ungkapnya dikutip dari sumateraekspres.id pada 3 Agustus 2023.

Selain 3 nama yang diusulkan oleh DPRD Sumsel, Kementerian Dalam Negeri  juga berhak mengusulkan 3 nama calon Pj Gubernur Sumsel.

BACA JUGA:Terima Kunjungan Peserta Didik Sespimti Polri Dikreg ke-32, Gubernur Sumsel Herman Deru Kasih Pesan Ini

Dengan demikian, ada total 6 nama yang akan bersaing untuk menjadi calon Pj Gubernur Sumsel. Namun, dalam proses penentuan di pusat, perlu memperhatikan masa berakhirnya jabatan gubernur yang sedang menjabat.

Pada tahun ini ada gubernur di Indonesia yang masa jabatannya akan berakhir pada September 2023. 

Meliputi Gubernur Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Kemudian, pada bulan Oktober 2023, ada Gubernur Sumsel dan Kalimantan Timur. Pada bulan Desember 2023, Gubernur Riau, Lampung, Jawa Timur, Maluku, dan Maluku Utara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: