Lestarikan Sedekah Bumi Jaga Kearifan Budaya Lokal

Lestarikan Sedekah Bumi Jaga Kearifan Budaya Lokal

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni menikmati hasil bumi dan panen pertanian masyarakat Dusun Rimba Candi, dalam giat tasyakuran Sedekah Bumi.--

PAGARALAM, SUMEKS.CO - Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH MSi hadir dalam acara Sedekah Bumi yang digelar oleh masyarakat Rimba Candi di Balai Serbaguna Dusun Rimba Candi, Kecamatan Dempo Tengah. 

Acara Sedekah Bumi ini diadakan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur masyarakat setempat atas hasil bumi dan perkebunan yang mereka peroleh selama satu tahun terakhir.

Disampaikan Walikota, ucapan rasa terimakasih atas undangan yang diberikan oleh masyarakat Rimba Candi, serta mengapresiasi upaya mereka dalam menyelenggarakan acara Sedekah Bumi dengan begitu khidmat.

"Ini menunjukkan semangat kebersamaan dan gotong-royong dalam menghargai anugerah alam yang diberikan kepada mereka. Saya merasa senang dan bangga dapat hadir di acara Sedekah Bumi masyarakat Rimba Candi," terang Pian, dikutip pagaralampos.bacakoran.co, Selasa 1 Agustus 2023.

BACA JUGA:Video Ungkapan Kurang Pantas Anggota Polsek Pedamaran OKI Viral, Kapolres Ambil Langkah Tegas

Dia menyampaikan, semoga apa yang disedekahkan ini dapat diterima dengan baik, dan rejeki yang melimpah dan berkah akan selalu mengalir untuk semua. 

Masih kata dia, Sedekah Bumi merupakan salah satu tradisi yang turun temurun di masyarakat Rimba Candi.

Setiap tahunnya mereka mengadakan acara ini sebagai wujud syukur atas hasil panen dan hasil bumi yang melimpah.

Selain itu acara ini menjadi momen penting untuk mempererat tali silaturrahim antara warga setempat.

BACA JUGA:Sumsel Jadi Tujuan Favorit Tenaga Kerja Asing, Kok Bisa?

Pada acara tersebut masyarakat Rimba Candi menyajikan berbagai hasil pertanian dan perkebunan sebagai simbol rasa terimakasih mereka kepada Sang Pencipta atas anugerah yang telah diberikan.

Seluruh masyarakat tampak begitu gembira dan penuh sukacita dalam berbagi hasil bumi mereka dengan sesama.

Kak Pian juga berharap bahwa semangat kebersamaan dan semangat syukur seperti ini akan terus dijaga dan ditanamkan dalam setiap langkah masyarakat Rimba Candi.

Ia juga berpesan agar tradisi Sedekah Bumi ini dapat terus dilestarikan dan dijadikan contoh bagi daerah lain dalam menjaga kearifan lokal dan budaya yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: