Arsip Jangan Dianggap Sepele, Canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Arsip Jangan Dianggap Sepele, Canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

LAUNCHING : Pemkab Muara Enim melaunching Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Dalam kegiatan pembukaan Sosialisasi Kearsipan bagi Pengelola Kearsipan Organisasi Masyarakat, Partai Politik, Desa dan Kelurahan di Kabupaten Muara Enim Tahun 2023, Pemkab Muara Enim melaunching Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Senin 31 Juli 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Pemerintahan Drs H Emran Thabrani MSi didampingi Kadin Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim Panca Surya Diharta, Forkopimda, OPD terkait dan 80 Perseta dari Ormas, Parpol, Desa/Kelurahan di Kabupaten Muara Enim.

Emran mengatakan bahwa Kearsipan diatur dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan serta Perka ANRI Nomor 7 Tahun 2001 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

Dengan dikeluarkannya Undang-undang Kearsipan membuktikan bahwa arsip sangat penting, karena setiap kegiatan pemerintah maupun masyarakat membutuhkan arsip.

BACA JUGA:Kepala Kejari Palembang Tekankan Pejabat Baru untuk Jaga Integritas dan Jangan Salah Gunakan Kewenangan

"Tertib arsip untuk sangat penting, dan jangan anggap sepele. Sebab arsip tersebut bisa menjadi barang bukti," katanya.

Dikatakan Emran, kegiatan launching gerakan nasional sadar tertib arsip ini sebagai upaya dalam memperbaiki sistem kearsipan di seluruh OPD dalam lingkungan Pemkab Muara Enim.

Sebab saat ini, masih ada OPD yang belum tertib arsip dan masih menyimpan arsip sembarang seperti dikarungi dan ditumpuk sehingga semrawut dan berdebu.

Padahal arsip tersebut baru bisa dihanguskan jika lebih dari 10 tahun.

BACA JUGA:Perjanjian Syekh Subakir dengan Sabdo Palon, Tak Mau Jadikan Orang Jawa Jadi Orang Arab

Kedepan diharapkan dengan dorongan seluruh OPD nilai kearsipan dapat menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Pada saat ini, lanjut Emran, masih banyak orang yang tidak tahu tentang seluk beluk kearsipan, bahkan oleh mereka yang sehari-hari berkecimpung di dunia kearsipan belum memahami apa itu arsip.

Banyak di antara mereka yang menganggap arsip adalah sekumpulan/ tumpukan kertas berdebu tanpa guna. 

Padahal, setiap orang sesungguhnya dalam kehidupan dari semenjak lahir sampai meninggal dunia akan bersinggungan dengan arsip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: