Tambah Wawasan Bagi Anak Didik dari Pelosok Kabupaten Ogan Ilir, Pemkab Sediakan Bus Field Trip untuk Siswa

 Tambah Wawasan Bagi Anak Didik dari Pelosok Kabupaten Ogan Ilir, Pemkab Sediakan Bus Field Trip untuk Siswa

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, melakukan prosesi pemecahan kendi saat launching bus field trip yang dipusatkan di SDN 12 Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir. Foto: dokumen/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten OGAN ILIR melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), menyediakan bus field trip untuk anak-anak didik sekolah yang ada di Bumi Caram Seguguk.

Bus field trip ini diperuntukkan bagi anak-anak sekolah di Ogan Ilir, mulai dari jenjang Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang lokasinya berada di pelosok.

Menurut Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, disediakannya bus field trip ini digunakan untuk anak didik di Kabupaten Ogan Ilir yang berada di daerah pelosok. Supaya wawasan mereka bertambah.

"Apa yang dirasakan anak didik di kota, hendaknya dapat dirasakan juga oleh anak-anak di pelosok desa. Agar wawasan anak-anak di desa, tidak kalah dengan anak-anak di kota," ujarnya saat me-launching bus field trip di SDN 12 Sungai Pinang, Jumat 28 Juli 2023.

BACA JUGA:Tambah Wawasan Guru, SMAN 2 Muratara Gelar Workshop KTI

Panca mengungkapkan, hadirnya bus field trip ditengah anak-anak Ogan Ilir yang berada di pelosok ini, berawal dari janji Panca pada saat melaksanakan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), beberapa waktu lalu. 

"Dengan adanya program field trip ini, menambah semangat anak-anak untuk belajar dalam menggapai cita-citanya kelak," ucapnya. 

Keinginan Panca ini tentu tidak muluk-muluk, karena anak-anak yang berasal dari pelosok ini, akan diajak untuk berkunjung dan diperkenalkan berbagai hal di Kota Palembang dan ibu kota Ogan Ilir, Indralaya. 

"Dengan mereka melihat dan berkunjung ke tempat yang mungkin belum pernah mereka kunjungi sebelumnya, siapa tahu mereka punya cita-cita kedepannya," lanjutnya. 

BACA JUGA:Aliran Sesat Raja Adil Sebarkan Pahamnya di Pelosok Ogan Ilir, Butuh 3,5 Jam Perjalanan Mobil dari Indralaya

Bupati Panca mengungkapkan, bahwa kegiatan belajar mengajar semestinya tidak harus dilakukan di dalam kelas, karena hal itu akan membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan.

"Sesekali anak-anak peserta didik perlu diajak keluar kelas untuk meninjau hal-hal di sekeliling mereka untuk memperoleh pengalaman belajar dan wawasan baru," lanjutnya. 

"Semoga peserta didik mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan juga dapat berpikir kreatif, memiliki pengalaman baru, serta melihat dan mengetahui permasalahan langsung," harapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: