3 Warga PALI Curi Minyak Mentah, Lubangi Pipa Line Lalu Diangkut Truk Modifikasi

3 Warga PALI Curi Minyak Mentah, Lubangi Pipa Line Lalu Diangkut Truk Modifikasi

Barang bukti truk yang diamankan dari tiga orang tersangka pencurian minyak mentah. Foto: Heru/sumeks.co--

PALI, SUMEKS.CO - Walaupun sudah begitu rapi dalam menjalankan aksinya, namun tiga orang pelaku pencurian minyak mentah atau illegal tapping berhasil dibekuk jajaran Polres PALI.

Parahnya, aksi ketiga warga Desa Sepantan Jaya, Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yakni Merianto (29), Suparudin (40) dan Aswan (40) nekat melubangi pipa line milik PT Medco Energy.

Aksi pencurian minyak mentah itu terjadi di Dusun ll, Desa Sepantan Jaya, Kecamatan Penukal. 

Namun, ketiga tersangka berhasii dibekuk pada Senin 24 Juli 2023 sekitar pukul 07.30 WIB, saat sedang beraksi.

BACA JUGA:Polda Sumsel Amankan Pengelola Sumur Minyak Mentah Ilegal di Keluang Muba, Modusnya Bikin Tanda Tanya

Dari tangan ketiganya disita barang bukti berupa satu unit mobil truk  Mitsubishi warna kuning, satu buah baby tank berisi 1.000 liter minyak mentah, lima buah baby tank lainnya warna putih dalam keadaan kosong.

Selain itu, ada juga tiga buah drum kosong, tiga buah jeriken kosong, satu buah selang berwarna biru dengan panjang sekitar 100 meter, satu set klaim pipa besi, dan satu pipa besi dengan panjang sekitar 5,80 meter.

Berdasarkan informasinya, para tersangka diduga telah lama menjalankan aksinya. 

Bahkan, minyak mentah yang mereka curi juga dalam jumlah banyak hingga ribuan liter, karena diangkut menggunakan truk modifikasi.

BACA JUGA:Bukan Minyak Mentah, Diduga Bunker Penampungan Minyak Kios BBM Bocor, Sumur Warga Penuh Minyak Jenis Pertalite

Aksi pencurian minyak mentah tersebut sangat terstruktur dan rapi. Sehingga tidak diketahui orang. 

Mereka menggunakan alat berupa selang yang sudah dimodifikasi lalu disambungkan ke pipa milik Medco.

"Lalu minyak mentah dari pipa tersebut dimasukkan ke dalam tedmon dan jerigen plastik yang sudah disiapkan. Setelah itu diangkut menggunakan mobil truk," kata Kapolres PALI, AKBP Khairu Nasrudin SIk MH, Rabu 26 Juli 2023.

Dirinya menerangkan, keberhasilan penangkapan ketiga pelaku illegal tapping itu setelah pihaknya mendapat informasi jika sering terlihat aktivitas mobil truk yang keluar masuk tak jauh dari lokasi pencurian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: