Debarkasi Palembang Telah Menerima Kepulangan 5.002 Jemaah Haji

Debarkasi Palembang Telah Menerima Kepulangan 5.002 Jemaah Haji

Proses pemulangan jemaah haji ke tanah air.--dok : sumeks.co

Debarkasi Palembang Telah Menerima Kepulangan 5.002 Jemaah Haji

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Debarkasi Palembang telah menerima kepulangan 5.002 jemaah haji. Rinciannya Provinsi Sumatera Selatan 3.872 irang, Provinsi Bangka Belitung 1.061 orang dan 69 petugas kloter.

Terakhir Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang menerima kepulangan 353 jemaah haji Kloter 14, pada Minggu, 23 Juli 2023.

Ketua Kloter 14 H. Muhammad Muammar  menjelaskan, saat kerangkat ke tanah suci Kloter 14 berjumlah 359 jemaah.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Sambut Kepulangan 350 Jemaah Haji Kloter 13, Herman Deru : Semoga Menjadi Haji Mabrur

Namun tiga jemaah meninggal di tanah suci dan tiga orang lagi telah dipulangkan lebih awal bersama Kloter 5. Dengan demikian, jemaah Kloter 14 berjumlah 353 orang.

Jemaah haji Kloter 14 sendiri merupakan jemaah asal Kota Pagaralam, Kabupaten OKU, dan Kabupaten Empat Lawang.

“Alhamdulillah jemaah Kloter 14 telah menjalani rangkaian ibadah haji dengan baik. Mudah-mudahan menjadi haji mabrur, Aamiin," ujarnya.

Muhammad Muammar mengucapkan, terima kasih kepada seluruh panitia debarkasi, rekan-rekan sesama petugas kloter, ketua rombongan, ketua regu, serta bapak/ibu jemaah sekalian yang telah menjaga kekompakan.

BACA JUGA:353 Jemaah Haji Kloter 12 Tiba, Kloter 13 Dijadwalkan Pulang, Sabtu, 22 Juli 2023

"Mohon maaf apabila dalam pelayanan kami ada kekurangan dan ketidaksempurnaan,” jelasnya

Kepala Bidang (Kabid) Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama (KaKemenag) Sumsel H Armet Dachil menuturkan, dengan kepulangan kloter 14 pada hari ini, Debarkasi Palembang telah menerima kepulangan 5.002 jemaah.

Sementara jemaah yang meninggal berjumlah 37 orang dengan rincian meninggal di Arab Saudi 32 orang, meninggal di Embarkasi 1 orang, dan meninggal di Debarkasi 4 orang.

Adapun jemaah haji yang masih berada di Tanah Suci berjumlah 3.471 tersisa 10 kloter lagi yang sedang menunggu kepulangan.

BACA JUGA:Haru Keluarga Sambut Kedatangan Jemaah Haji Sumsel Gelombang ke-2, Jemaah yang Wafat Bertambah

“Operasional haji Debarkasi Palembang akan berakhir pada 4 Agustus 2023. Jemaah terakhir yang akan kembali adalah kloter 24," imbuhnya

Armet juga menambahkan, sesuai peraturan pemerintah seluruh jemaah akan mendapatkan 10 liter air zam zam. Lima liter dibagikan setiba di asrama haji, sedangkan  akan didistribusikan melalui Kemenag Kabupaten/Kota

"Semua jemaah mendapat air zam zam dengan adil, bahkan jemaah meninggal dunia mendapatkan haknya 10 liter air zam zam yang akan diberikan kepada pihak keluarga," sambungnya.  

Sementara itu, turut hadir juga Kepala Kantor Kemenag Kabupaten OKU H. Muhammad Ali  menyambut kepulangan kloter 14, mengucapan selamat datang kepada seluruh jemaah haji.

BACA JUGA:Pencarian Idun, Jemaah Haji Embarkasi Palembang Terus Berlanjut, PPIH Arab Saudi Sisir Jeddah dan Mu'aisyim

Ali menegaskan, agar sekembalinya ke kampung halaman masing-masing jemaah haji dapat menjaga kesehatan dan kemabruran haji.

Ali juga menjelaskan, bahwa pemerintah dan panitia PPIH Debarkasi/Embarkasi Palembang menyampaikan terima kasih atas kesabaran dan kekompakan jemaah haji Indonesia.

Lebih lanjut Kepala Kemenag OKU tersebut menambahkan, meminta maaf apabila ada kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam pelayanan selama operasional haji.

“Bapak dan ibu telah mengalami berbagai macam kondisi baik senang maupun susah selama menjalani rangkaian ibadah haji. Kami memohon maaf bila apa bila terdapat kekurangan dalam pelayanan haji tahun ini. Ini tentu diluar keinginan kita,” tegasnya.

BACA JUGA:Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal Dunia Menyentuh 675 Orang, Tertinggi Sejak 8 Tahun Terakhir

Dalam kepulangan  kloter 14 kali di aula asrama haji Palembang turut hadir dari Kabag Tata Usaha H. Abadil, Kabag Agama Pemprov Sumsel H. Sunarto, Kakankemenag OKU H. Muhammad Ali

Sementara itu, hadir juga Kabid Urais H. Efriansyah, Kabid Penmad H. Win Hartan, Direktur Swarna Dwipa Pengelola Asrama Haji H. Rebo Iskandar Pohan, dan unsur PPIH.

Kepulangan selanjutnya dari kloter 15 asal Kabupaten Muara Enim yang akan diprediksi tiba di tanah air pada Senin, 24 Juli 2023 pukul 09.35 Wib melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: