Kanwil Kemenkumham Babel Siap Layani Permohonan Apostille

Kanwil Kemenkumham Babel Siap Layani Permohonan Apostille

Kanwil Kemenkumham Babel Siap Layani Permohonan Apostille.--

Kanwil Kemenkumham Babel Siap Layani Permohonan Apostille

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO – Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Eva Gantini, Sabtu 22 Juli 2023 mengatakan bahwa mulai tanggal 26 Juli 2023, sertifikat Apostille sudah dapat dicetak di Kanwil Kemenkumham Babel. 

Hal tersebut karena sarana untuk mencetak sertifikat Apostille sudah diserahkan oleh Verifikator pada Direktorat Otoritas Pusat dan Hukum Internasional Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), Grace, kepada Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto beberapa hari lalu.

"Juga telah dilakukan pelatihan bagi operator di Kanwil," kata Eva.

Menurut Eva Gantini, Apostille merupakan pengesahan tanda tangan pejabat, pengesahan cap dan atau segel resmi dalam suatu dokumen publik melalui pencocokan dengan spesimen melalui satu instansi yakni Kemenkumham selaku Competent Authority.

 BACA JUGA:Siap-Siap, Film Korea Smugglers Akan Tayang di CGV, Ini Sinopsisnya

Layanan Apostille ini diatur lebih rinci dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022 tentang Layanan Legalisasi Apostille pada Dokumen Publik serta

Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-01.AH.03.01 Tahun 2022 tentang Daftar Jenis Dokumen Layanan Legalisasi Apostille Pada Dokumen Publik.

Dijelaskan Eva, pihak yang dapat mengajukan permohonan Apostille adalah pihak yang namanya tercantum pada dokumen yang diajukan atau penerima kuasanya (dibuktikan dengan surat kuasa bermaterai). 

Untuk dokumen suatu badan, maka yang dapat mengajukan adalah pemilik/pejabat/pegawai pada badan tersebut (dibuktikan dengan surat keterangan resmi) atau penerima kuasanya (dibuktikan dengan surat kuasa bermaterai).

BACA JUGA:Resep Simpel, Mango Sticky Rice, Bisa Jadi Ide Jualan

Layanan Apostille ini bertujuan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat di bidang legalisasi dokumen publik asing yang cepat dan akses terjangkau serta untuk menghadapi perkembangan global (perkembangan hukum perdata internasional) yang menjembatani kepentingan hukum perdata lintas negara.

Sejak awal Apostille diluncurkan, terhitung Juni 2022 sampai dengan Februari 2023 telah tercatat 146 pemohon Apostille yang berasal dari wilayah Bangka Belitung, terbanyak adalah dokumen terkait melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Menurut Eva, jika seseorang pemohon Apostille tidak bisa hadir di Kantor Wilayah, maka harus ada surat kuasa bermaterai dan ada penjelasan keterkaitannya pemohon dengan penerima kuasa. “Pemohon hanya bisa mencetak sertifikat Apostille di lokasi yang pemohon ajukan, sehingga jika berbeda lokasi pencetakan, maka pencetakan sertifikat tersebut tidak bisa dilakukan,” jelas Eva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: