Bravo, 'Moster Laut' Kekuatan Angkatan Lautan Indonesia Berada di Posisi ke-6 Terbaik di Dunia

Bravo, 'Moster Laut' Kekuatan Angkatan Lautan Indonesia Berada di Posisi ke-6 Terbaik di Dunia

Angkatan laut Indonesia yang siap mengamankan wilayah laut Indonesia dari musuh.--net

Bravo, 'Moster Laut' Kekuatan Angkatan Lautan Indonesia Berada di Posisi ke-6 Terbaik di Dunia

SUMEKS.CO - Bravo 'Monster Laut' kekuataan armada tempur Indonesia tergolong hebat, bahkan terbaik ke-6 di dunia.

Indonesia merupakan negara maritim dengan memiliki 17.000 pulau dan wilayah lautan seluas 3.257.483 kilometer persegi, sementara daratan sebanyak 1.922.570 kilometer kuadrat.

Dibanding wilayah daratan, lautan memiliki luas melebihi dua pertiga. Hal ini tentu memberikan dampak tersendiri  bagi bangsa Indonesia.

BACA JUGA:Rudal Balistik Buatan Indonesia Mampu Jangkau Pertahanan Malaysia hingga Australia, Tetangga Bakal Sungkem

Dengan wilayahnya didominasi oleh laut, tentu membuat negara Indonesia harus dibekali degan kekuatan militer demi menjaga keamanan. Garda terdepan Indonesia sektor perairan adalah angkatan laut.

Angkatan laus setiap negara maritim harus disegani termasuk Indonesia. Berdasarkan data dari Lembaga Pemerintah Global Firepower (GFP) Tahun 2023 armada luat Indonesia menempati urutan enam satu tingkat di bawah Swedia di atas Italia.

Melansir dari GFP, merilis mengenai kekuatan militer 145 negara di seluruh dunia dengan ditinjau dari 60 faktor dan sejumlah katagori, seperti kas militer, logistik, hingga armada militer suatu negara.

Secara peringkat akumulasi Indonesia memiliki skor 0,2221 berada di peringkat ke-13 kekuatan militer mengalahkan Ukraina dan Mesir pada tahun 2023.

BACA JUGA:Terbongkar! Kekuatan Militer Indonesia Ungguli Australia dan Israel, Cina Berpikir Ganggu Indonesia

Namun secara armada laut  peringkat global Indonesia menepati urutan ke-6 dengan skor akhir 324. Berada di atas Italia dengan skor akhir 313 dalam peringkat kekuatan  unit  tahun 2023.

324 armada Indonesia dengan rincian, berikut dua puluh satu unit korvet, sembilan kapal penyapu ranjau, empat kapal selam, dua ratus dua kapal patroli, dan sepuluh unit kapal perang berjenis fregat.

Kapal perang tersebut telah dilengkapi dengan sistem senjata canggih mulai dari torpedo bawah air, rudal anti-kapal dan anti-anti-paswat, mariam kaliber, serta helikopter tempur.  

Tidak hanya itu,  Indonesia juga dibekali alutsista 9.879 unit kapal perang niaga, yang merupakan terbanyak di dunia demi menjaga peran penting dalam pengaman wilayah, kapal perang niaga juga menambah kekuatan armada miliki Indonesia.

BACA JUGA:Dunia Bakal Menggigil, Indonesia Luncurkan Rudal Canggih, Jangkau Jarak 533 km, Mampu Ledakkan 1 Pulau

Indoensia juga terus meningkat kuantitas dan kualitas armada tempur, persenjataan, alutsista dengan melalui modernis, pembuatan dalam negeri, dan pembelian dari luar negeri.             

Seluruh armada tempur Indonesia  dioperasikan oleh Tentara Negara Indonesia (TNI) Angkatan Laut sebagai penanggung jawab keamanan perairan NKRI.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: