Moment Haru Saat Jemaah Kloter 7 Tiba Asrama Haji Palembang, 4 Jemaah Lansia Tanazul

Moment Haru Saat Jemaah Kloter 7 Tiba Asrama Haji Palembang, 4 Jemaah Lansia Tanazul

Jemaah haji Lansia terpaksa menggunakan kursi roda karena kelelahan--dok : sumeks.co

Moment Haru Saat Jemaah Kloter 7 Tiba Asrama Haji Palembang, 4 Jemaah Lansia Tanazul

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kedatangan jemaah haji Kloter 7 di Asrama Haji Palembang, Jumat, 14 Juli 2023 malam, berlangsung haru.

Sebanyak 4 jemaah tanazul  tergabung bersama Kloter 7 tiba di tanah air melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

Total 360 jemaah kloter 7.  Terdapat empat jemaah tanzul yakni Juhadi, Sumarni, Rawi, dan Noncik berasal dari kloter 13. Dipulangkan lebih dahulu karena melihat kondisi kesehatan dan sudsh Lansia.

BACA JUGA:Setiba di Tanah Air, Jemaah Haji Kloter 4 Dilarikan ke RSUD Siti Fatimah, Ini Penyebabnya

Panitia Penyelenggara Ibada Haji (PPIH) Debarkasi  Palembang menyambut kepulangan 360 jemaah di Asrama Haji Palembang.

Ketua Rombongan Kloter 7, H Wahidin Wangsian, memberikan kesan setibanya di Debarkasi Palembang.

"Alhamdulilah, kita semua telah kembali ke Palembang setelah melaksanakan rangkaian ibadah yang panjang, kita sebanyak 360 jemaah dalam keadaan sehat selama kepulangan," ujarnya.

Wahidin Wangsian tak dapat menahan rasa tangis karena merasakan kebersamaan dengan jemaah haji Kloter 7 setelah bersama satu bulan lamanya di Arab Saudi.

BACA JUGA:Berkat Amalan Ini, Mbah Karto, Jemaah Haji Tertua dari Debarkasi Palembang Pulang Sehat Bugar

Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha Kementerian Agama (Kemenag) Abadil menyambut, kedatangan dan sekaligus melepas jemaah haji kembali ke kekeluargaan.

Abadil mengatakan selama lebih satu bulan tentu menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan diantara sesama jemaah.

"Perpisaah tentu dirasakan jemaah karena telah bersama-sama, namun setiba di sini (Palembang) tidak menutup rasa persaudaraan antar jemaah," tegasnya.

Tak lupa Abadil juga berpesan untuk seluruh jemaah agar menjaga kemabruran  haji setibanya di tanah air.

BACA JUGA:1 Jemaah Tertunda Kepulangan, Jemaah Haji Kloter 2 Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air

Pada kesempatan yang sama Kabag Tata Usaha Kemenag Sumsel itu juga menyampaikan rasa duka cita mendalam atas wafatnya dua jemaah kloter 7 yakni Rohabah Marzuku Wongsi Menawi usia 82 tahun, dan Muastafa Husim Syatri usia 73 tahun.

"Doa yang terdalam untuk seluruh jemaah haji yang meninggal dunia saat melaksanakan ibada haji, semoga seluruh jemaah ditempatkan disurganya Allah," imbuhnya.

Kabag Pemberangkatan Haji dan Umroh Kemenag Sumsel H Armet Dahcil menyampaikan, jemaah haji akan menerima  10 liter air zam zam yang diberikan berasaskan Kabupaten/Kota keberangkatan.

Selain itu Armet juga memohon maaf kepada seluruh jemaah haji jika PPIH Debarkasi Palembang terdapat kekurangan dalam pelayanan dan sambutan.

BACA JUGA:360 Jemaah Haji Kloter 5 Debarkasi Palembang Tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

"Tentu akan menjadi evaluasi dan terus memberikan pelayanan terbaik," jelasnya

Turut hadir dalam penyambutan kepulangan yakni Kabag PHU kemenag Sumsel Armet Dahcil, Kabag Tata Usaha Kemenag Sumsel Abadil, Kabag Agama Pemprov Sumsel Sunarto, Direktur pengelola asama haji Rebo Iskandar, dan seluruh panitia PPIH Debarkasi Palembang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: