360 Jemaah Haji Kloter 5 Debarkasi Palembang Tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

360 Jemaah Haji Kloter 5 Debarkasi Palembang Tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

360 Jemaah Haji Kloter 5 Debarkasi Palembang Tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II--

360 Jemaah Haji Debarkasi Palembang Tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebanyak 360 jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 5 Debarkasi Palembang telah tiba di Bandara Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II pada Rabu 12 Juli 2023 sore.

Dengan kepulangan jemaah kloter 5, total 1.793 jemaah telah kembali ke Tanah Air dengan rincian 1.763 jemaah asal Provinsi Sumatera Selatan, 5 Jemaah asal Bangka Belitung, dan 25 petugas haji.

Sementara itu, H. Armet Dachil Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel menyebutkan, total jemaah haji Embarkasi Palembang pada tahun 2023 mencapai 8.505 jemaah yang terbagi dalam 24 kloter.

"Kepulangan jemaah gelombang 1 dilaksanakan secara bertahap, sementara gelombang 2 sedang berada di Madinah menjalani ibadah Sunnah Arbain," ujarnya.

BACA JUGA:Masih Pikir-pikir Terima Hukuman, Meski 3 Terdakwa Korupsi Dana Hibah Bawaslu Ogan Ilir Divonis Lebih Ringan

Jemaah haji debarkasi Palembang yang meninggal dunia di Tanah Suci berjumlah 30 jemaah.

Saat ini, 6.682 jemaah haji asal debarkasi Palembang masih berada berada di Arab Saudi.

H. Nelson Asnawi Ketua Kloter 5 menyebutkan, dalam laporannya saat keberangkatan ke Tanah Suci jumlah jemaah kloter 5 berjumlah 358.

"Satu jemaah kloter 5 meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji atas nama Samun Sanwiyasa berusai 83 tahun. Almarhum telah kita semayamkan dibantu PPIH Arab Saudi," jelasnya.

BACA JUGA:Awal Agustus 2023, SFC Siap Tur Jawa

Saat kepulangan ke Indonesia ada empat jemaah tanazul yang tergabung di kloter 5 yakni atas nama Ahmad Albadwi dari kloter 6, sementara tiga lainya berasal dari kloter 14 yakni Husain Daud, Mukini Sofyan, dan Muhammad Lukman Samad.

Sedangkan, untuk jemaah haji kloter 5 atas nama Dul Rohman telah dipulang terlebih dahulu tergabung pada kloter 3 karena kondisi kesehatan.

Sehingga saat kepulangan ke Tanah Air Kloter 5 berjumlah 360 jemaah, dengan rincian 356 jemaah tetap dan 4 jemaah Tanazul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: