Eco Enzyme Bisa Hilangkan Bau Sungai, Mau Tau Caranya?

Eco Enzyme Bisa Hilangkan Bau Sungai, Mau Tau Caranya?

Komunitas Peduli Banjir dan Lingkungan Kota Palembang mengikuti pelatihan Pembuatan dan penuangan Eco Enzyme yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kota Palembang.--

Eco Enzyme Bisa Hilangkan Bau Sungai, Mau Tau Caranya?

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Komunitas Peduli Banjir dan Lingkungan Kota Palembang mengikuti pelatihan Pembuatan dan penuangan Eco Enzyme yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Palembang di Jalan Panca Usaha Rt 63 Kelurahan 5 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) 1 Palembang.

Sementara itu, Marlina Kabid SDA Dinas PUPR kota Palembang menyampaikan, kegiatan ini dilaksankan untuk mensosialasikan tentang Daerah Aliran Sungai (DAS), seperti dilarang membuat bangunan di atas saluran sungai,  sekaligus program membagun mental masyarakat untuk tidak membuang sampah di Aliran Sungai yang bisa menyebabkan banjir.

Lanjut Marlina, kegiatan ini mengajak masyarakat terutama komunitas pengendali banjir dan lingkungan kota Palembang untuk mengolah sampah rumah tangga menjadi Eco Enzyme dengan menghadirkan pembicara dari komunitas Eco Enzyme Indonesia.

"Diharapkan dari pelatihan ini masyarakat mendapatkan edukasi tentang cara membuat eco enzyme karena banyak manfaat yang didapatkan disamping dapat menjaga lingkungan dan bisa juga bernilai ekonomis," harap Marlina. 

BACA JUGA:Wako Harnojoyo Diam Seribu Bahasa, Ogah Tanggapi Soal Ratu Dewa jadi Kandidat PJ Wali Kota Palembang

Ketua Relawan Eco Enzyme Indonesia Bambang Mulyanie menjelaskan, eco enzyme adalah fermentasi pengolahan sampah atau limbah terutama kulit buah dan sayur yang segar untuk menjadi bahan yang bermanfaat. 

Adapun cara membuat Eco Enzyme kulit buah atau sayur dipilih yang segar, kemudian dipotong kecil-kecil lalu di campur dengan gula dan air serta dimasukkan kedalam wadah untuk diferementasi selama tiga bulan. 

Sedangkan perbadingan untuk membuatnya 1kg gula ditambah 3kg kulit buah dan sayur dengan 10 liter air bersih.

"Salah satu manfaat yang didapatkan dari Eco enzyme ini mampu membersihkan sungai atau alirannya dengan menuangkan cairan eco enzyme kedalam sungai, sehingga dapat mengurangi bau yang tidak sedap dan membunuh bakteri jelek sehingga air aliran sungai menjadi bersih dan sehat," terang Bambang.  

BACA JUGA:PT Berkat Sawit Sejati Beri Reward 4 Desa, Kembali Gelar Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Karhutbunlah

Sebagai contoh kami dari relawan eco enyzme telah meuangkan cairan eco enzyme ke Sungai Sekanak lambidaro dan tadi juga sudah menuangkan Eco Enzyem ke dalam aliran anak sungai Kedukan 5 Ulu Palembang bersama Komunitas Pengendali Banjir 5 Ulu Palembang. 

Manfaat lainya eco enyzme dapat digunakan untuk dapur rumah tangga, untuk pertanian dan peternakan, bahkan untuk kesehatan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: