Destinasi Wisata Napal Manjur, Tawarkan Wisata Rafting dan Kenalkan Situs Makam Keramat

Destinasi Wisata Napal Manjur, Tawarkan Wisata Rafting dan Kenalkan Situs Makam Keramat

Desa Terusan, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara mengusung Wisata Napal Manjur sebagai destinasi wisata rafting yang menjanjikan. (kris samiaji/sumeks.co) --

Destinasi Wisata Napal Manjur, Tawarkan Wisata Rafting dan Kenalkan Situs Makam Keramat

SUMEKS.CO, MURATARA – Desa Terusan memiliki potensi sumber daya alam berupa perkebunan seperti karet, jeruk, kelapa sawit, kencur dan lain sebagainya.

Di lokasi itu juga merupakan wilayah perairan seperti air payau atau danau dan air tawar atau air sungai. Sehingga sangat potensial untuk dikembangkan.

Syaril selaku ketua Kelompok Desa Wisata (Pokdarwis) Desa Terusan mengatakan desanya memiliki obyek wisata unggulan yang dapat dijadikan salah satu wisata rafting dengan memanfaatkan aliran sungai yang bersih dan asri serta keunikan bebatuannya.

BACA JUGA:Efek Jera, Polsek Seberang Ulu I Palembang Ajak Remaja yang Terlibat Aksi Tawuran 'Wisata' Penjara

“Di desa kami juga ditemukan beberapa potensi seperti perawatan situs makam keramat yang dapat dijadikan wisata sejarah,” ujarnya.

Ia menambahkan, adanya kebun Limau menjadikan wisata petik buah langsung dari kebun beserta aneka ragam produk olahan buatan UMKM seperti sirup buah limau dan sebagainya

“Semua ini kami lakukan dalam upaya mendorong perekonomian masyarakat Desa Terusan,” lanjutnya.

Tokoh atau sesepuh masyarakat Desa Terusan, Zainuri menceritakan, kalau bebatuan besar tersebut konon berasal dari dusun tua yang mengalami banjir.

BACA JUGA:Revitalisasi 2 Dermaga di Kota Palembang Dukung Transportasi Sungai dan Sektor Pariwisata

“Dan, batu tersebut merupkan jelmaan ekornya naga di zaman Si Pahit Lidah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Terusan Yurman Candra menambahkan Desa Terusan pecah menjadi dua yakni Desa Anyut dan Desa Kedudung.

Di desa tersebut sering digunakan untuk spot memancing ikan karena masih banyak ikan-ikan besar yang mengalir di danau tersebut.

“Rencana kami ke depannya akan membuka spot air terjun untuk terus mengembangkan pariwisata di desa tersebut,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: koransumeks