Pegawai Lapas Kayuagung Ikuti Giat SAKIP Sebagai Bentuk Akuntabilitas Kinerja

Pegawai Lapas Kayuagung Ikuti Giat SAKIP Sebagai Bentuk Akuntabilitas Kinerja

Pegawai Lapas Kayuagung mengikuti kegiatan Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), di Beston Hotel Palembang--dok : sumeks.co

Pegawai Lapas Kayuagung Ikuti Giat SAKIP Sebagai Bentuk Akuntabilitas Kinerja

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kayuagung mengikuti kegiatan Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan. 

Dimana kegiatan Penyusunan SAKIP berlangsung selama 3 hari, yakni 14-16 Juni 2023, bertempat di Beston Hotel Palembang. 

Peserta yang mengikuti kegiatan itu adalah pejabat dan pegawai yang membidangi SAKIP pada satuan kerja di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Pegawai Lapas Kayuagung Ikuti Workshop Pemberantasan Pungli di Lingkungan Kemenkumham 

Pada hari pertama kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan, Ilham Djaya. 

Dijelaskan Ilham Djaya dalam sambutannya, bahwa SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. 

"SAKIP sendiri adalah bentuk pertanggungjawaban instansi terhadap anggaran yang diterima. Ada output dan outcome dari apa yang direncanakan dan dianggarkan," jelasnya, Rabu 14 Juni 2023.

Maka oleh karena itu, kata dia, masyarakat dapat melihat dan merasakan hasil kerja tersebut. 

BACA JUGA:Pegawai Lapas Kayuagung Ikuti Rakor Pembinaan Layanan Publik Berbasis HAM

Sementara itu, Kepala Bagian Program dan Humas Kanwil Kemenkumham Sumsel, Yulizar mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman terhadap SAKIP sekaligus untuk menetapkan komitmen bersama dalam menyusun dokumen LKjIP Tahun 2023.

"Ini adalah sebagai bentuk akuntabilitas kinerja di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan," ucap Yulizar. 

Adapun narasumber kegiatan yaitu Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal, Subkoordinator Pemantauan, Analisis dan Pelaporan IV, Moslem Idrus Salam dan Achmad Ramadhoni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: