Kisah dan Karomah Syekh Abdul Qadir Jaelani yang Selalu Sungguh-Sungguh Jaga Wudhu

Kisah dan Karomah Syekh Abdul Qadir Jaelani yang Selalu Sungguh-Sungguh Jaga Wudhu

Syekh Abdul Qadir Jaelani merupakan wali qutub yang memiliki Karomah yang luar biasa.--

Kisah dan Karomah Syekh Abdul Qadir Jaelani yang Selalu Sungguh-Sungguh Jaga Wudhu

SUMEKS.CO - Dalam pengembaraannya ke hutan belantara, Syekh Abdul Qadir Jaelani, mengenakan pakaian berbentuk jubah yang terbuat dari bulu. Kemudian, kepalanya ditutup dengan sobekan kain.

Saat menyusuri hutan belantara yang konon katanya merupakan tempat berduri dan terjal, Syekh Abdul Qadir Jaelani, tidak menggunakan alas kaki sama sekali. Hal itu dilakukannya karena tidak menemukan sandal.

Dalam perjalanannya, Syekh Abdul Qadir Jaelani, hanya memakan buah-buahan yang masih berada di pepohonan jalan-jalan yang dilaluinya. Kemudian, daun-daun dan rerumputan yang berada di tepi sungai.

BACA JUGA:Mengenal 6 Tingkatan Wali Qutub Menurut Syekh Abdul Qadir Jaelani

Bahkan, Syekh Abdul Qadir Jaelani pun, lebih banyak tidur dan tidak minum. Pernah berhari-hari Syekh Abdul Qadir Jaelani tidak makan apapun. Tiba-tiba, Syekh Abdul Qadir Jaelani, dijumpai seseorang yang memberinya sebuah kantong berisi uang dirham.

Pemberian uang dirham oleh orang tersebut, sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada Syekh Abdul Qadir Jaelani. Kemudian, uang tersebut diambilnya sebagian untuk membeli tepung dan jenang dari kurma serta samin.

Lalu, duduklah Syekh Abdul Qadir Jaelani, untuk menikmati makanan tersebut. Saat sedang makan, tiba-tiba ada selembar kertas jatuh dan mengejutkan Syekh Abdul Qadir Jaelani.

Di kertas tersebut tertulis, "Syahwat itu dijadikan untuk hamba-hambaku yang lemah, sebagai perantara untuk melaksanakan taat kepada Allah SWT. Sesungguhnya hamba-hambaku yang kuat, tentunya tidak mempunyai kesenangan syahwat apapun".

BACA JUGA:Syekh Abdul Qadir Jaelani, Kisah Hidup dan Karomah yang Dimilikinya, Hingga Jadi Syekh Para Jin dan Manusia

Seketika itu, Syekh Abdul Qadir Jaelani meninggalkan makannya dan membungkus sisa makanan dengan menggunakan sapu tangan. Lalu, Syekh Abdul Qadir Jaelani berdiri menghadap kiblat untuk melakukan salat dua rakaat.

Syekh Abdul Qadir Jaelani lalu meninggalkan tempat tersebut. Atas kejadian tersebut, Syekh Abdul Qadir Jaelani pun tersadar bahwa Allah SWT tengah menjaganya dan selalu memberikan pertolongan.

Syekh Abdul Qadir Jaelani pertama kali masuk Irak ditemani oleh Nabi Khidir AS. Padahal, dirinya belum mengenal Nabi Khidir AS. Kemudian, Nabi Khidir AS memberikan persyaratan-persyaratan yang tidak boleh sekali-kali menyimpang.

Karena, menurut Nabi Khidir AS, penyimpangan akan menjadi sebab perpisahan antara Syekh Abdul Qadir Jaelani dengan dirinya. Nabi Khidir AS kemudian meminta Syekh Abdul Qadir Jaelani duduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: