Palembang Dalam Kepungan Krisis Air Bersih, PDAM Tirta Musi Cari Solusi Lewat Lelang

Palembang Dalam Kepungan Krisis Air Bersih, PDAM Tirta Musi Cari Solusi Lewat Lelang

Ilustrasi--dok : sumeks.co

Palembang Dalam Kepungan Krisis Air Bersih, PDAM Tirta Musi Cari Solusi Lewat Lelang

PALEMBANG, SUMEKS.CO - PDAM Tirta Musi Palembang menghadapi kendala dalam mendistribusikan air bersih secara menyeluruh kepada masyarakat.

Dalam beberapa waktu terakhir, dengan pertumbuhan dan perkembangan wilayah Kota Palembang yang begitu pesat, berbagai perumahan dan pemukiman warga terus bermunculan.

"Maka kami memutuskan untuk mengembangkan jaringan distribusi air bersih," kata Direktur Utama Perumda Tirta Musi Palembang Andi Wijaya dikutip sumateraekspres.id, Senin 5 Juni 2023. 

Andi Wijaya mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), hingga saat ini Perumda Tirta Musi Palembang baru mampu mendistribusikan air bersih sebesar 82 persen kepada masyarakat.

BACA JUGA:LAPOR PAK ! Sudah 3 Hari Pipa PDAM Tirta Musi di Jl Angkatan 66 Bocoran

"Data dari BPS menunjukkan bahwa satu sambungan jaringan air bersih dapat mencukupi kebutuhan empat anggota keluarga," ujar Andi Wijaya.

Namun lanjut Andi Wijaya, angka konsumsi air bersih di Kota Palembang sudah mencapai 200 liter per keluarga. Yang berarti konsumsi air bersih telah mencapai 90 persen.

"Kami menyadari bahwa kami tidak dapat memenuhi kebutuhan air bersih hingga mencapai 100 persen di Kota Palembang," ungkap Andi Wijaya. 

Masih dikatakan Andi Wijaya, Perumda Tirta Musi Palembang juga mengakui bahwa mereka belum dapat melayani distribusi air di wilayah Palembang timur, seperti Mata Merah, Merah Mata, dan Sungai Lais.

BACA JUGA:Penyesuaian Tarif PDAM Tirta Musi Dibatalkan, Ratu Dewa : Pertimbangkan Kondisi Pelanggan Menengah ke Bawah

"Kami akan mengajukan penawaran kepada perusahaan swasta untuk melayani kebutuhan air bersih di wilayah tersebut," jelas Andi Wijaya. 

Andi Wijaya menambahkan, Perumda Tirta Musi Palembang akan memberikan kesempatan lelang kepada perusahaan yang dapat menawarkan harga air yang lebih terjangkau.

"Kami saat ini sedang dalam tahap lelang untuk mendistribusikan air bersih di wilayah timur Palembang," tegas Andi Wijaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: