Dialog Malaikat Jibril dengan Kerbau, Kelalawar dan Cacing, Inilah 8 Cara Bersukur Menurut Islam

Dialog Malaikat Jibril dengan Kerbau, Kelalawar dan Cacing, Inilah 8 Cara Bersukur Menurut Islam

Diriwayatkan suatu hari Malaikat Jibril diperintahkan Allah menemui kerbau dan menanyakan apakah senang diciptakan menjadi seekor kerbau.--

BACA JUGA:Inilah Detik-Detik Qarun Ditenggelamkan Allah ke Dalam Tanah Bersama Harta Benda Miliknya

Cara bersyukur kepada Allah berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan selalu mengingat akibat yang terjadi jika mengingkari dan berpaling dari Allah SWT.

Jika sebagai umat-Nya selalu mengeluh, niscaya Allah Akan memberikan celaka di dalam hidupnya. Maka itu, apa pun itu yang dirasakan, setiap umat Muslim harus selalu bersyukur dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.

4. Selalu Mengingat Janji Allah

Allah Maha Mengetahui apa yang dilakukan dan diinginkan umat-Nya. Satu di antara cara bersyukur kepada Allah adalah selalu mengingat janji yang telah Allah berikan.

BACA JUGA:Kisah Iblis Ingin Menipu Syekh Abdul Qadir Jaelani Lewat Air Minum yang Berwadah Terbuat dari Perak

Allah Maha menyukai dan menjaga umat-Nya yang selalu bersyukur. Karena janji Allah untuk orang yang selalu bersyukur, mereka akan terhindar dari azab-Nya di masa yang akan datang. Selain itu surga menjadi jamninan utamanya.

5. Meningkatkan Ketakwaan

Bersyukur tidak hanya dilakukan lewat hati dan lisan saja, namun hendaknya juga diwujudkan lewat perbuatan. Satu di antaranya dengan cara menjadi pribadi yang bertakwa.

Menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Misalnya dengan taat menjaga salat lima waktu, melaksanakan zakar fitrah, membaca Al-Qur'an, menjalani puasa ramadan, dan mejauhi hal-hal yang berbau maksiat serta tercela.

BACA JUGA:Syekh Abdul Qadir Jaelani, Sosok yang Membuat Perampok Menangis Karena Kejujurannya

Dengan itu, rasa syukur akan selalu berada di benak kita, Allah juga akan selalu menyertai kehidupan yang kita jalani.

6. Mengucapkan Terima Kasih 

Satu di antara cara mensyukuri nikmat Allah adalah selalu berterima kasih kepada orang lain. Dengan mengungkapkan rasa syukur lewat ucapan atau lisan inilah bisa dijadikan sebagai bentuk dari upaya bersyukur kepada Allah SWT.

Sesungguhnya Allah akan memberikan kemuliaan kepada umat-Nya yang selalu bersyukur kepada-Nya. Maka itu, jangan pernah lelah mengucap kata terima kasih terhadap sesama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: