Dialog Malaikat Jibril dengan Kerbau, Kelalawar dan Cacing, Inilah 8 Cara Bersukur Menurut Islam

Dialog Malaikat Jibril dengan Kerbau, Kelalawar dan Cacing, Inilah 8 Cara Bersukur Menurut Islam

Diriwayatkan suatu hari Malaikat Jibril diperintahkan Allah menemui kerbau dan menanyakan apakah senang diciptakan menjadi seekor kerbau.--

BACA JUGA:Amalan Habib Sholeh Tanggul Agar Cepat Punya Rumah, Ini Nih Doanya, Harus Istiqomah Ya!

Menerima takdir dengan iklhas, lapang dada, dan tidak banyak mengeluh menjadi contoh wujud syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan.

Ingat bahwa banyak orang yang mungkin masih tak seberuntung kita sehingga coba untuk selalu mengucapkan syukur dan mengurangi rasa iri serta dengki.

Ada beberapa cara untuk membantumu agar selalu bersyukur kepada-Nya, satu di antaranya selalu mengingat Allah dalam hati.

Berikut delapan cara bersyukur kepada Allah menurut ajaran Islam, yang bisa kamu jadikan sebagai bahan perenungan dan tuntunan, dikutip dari laman Dalam Islam dan Hijrah dulu.

BACA JUGA:3 Tanda Orang yang Akan Dinaikkan Derajatnya Oleh Allah SWT, Sering Terjadi Tapi tak Disadari

1. Menjauhi Penyakit Hati

Penyakit-penyakit yang mucul dari dalam hati dapat membuat seorang Muslim menjadi tidak bersyukur dan kufur akan nikmat yang telah Allah limpahkan serta berikan kepada umat-Nya.

Dengan itu, kita harus dapat memberishkan hati dari hal-hal buruk seperti riya', iri, dengki, dan takabur. Untuk membersihkan hati, kaum Muslimin dapat memulai dengan membaca Al-Qur'an, mengikuti kajian-kajian Islam, dan menjauhi hal yang tidak benar.

2.Selalu Mengingat Allah 

BACA JUGA:4 Keistimewaan Salat Tahajud, Ustaz Adi Hidayat: Allah yang Menuntun Langsung Keluar dari Kesulitan

Cara paling mudah bagi seorang Muslim untuk bersyukur kepada Allah SWT adalah dengan senantiasa mengingat Allah di dalam hatinya.

Selalu mengingat Allah kapan pun dan di mana pun kamu berada. Sejatinya, kita harus menyadari bahwa diri kita ini Allah yang menciptakan.

Alam semesta yang indah, udara yang kita hirup, makan-makanan baik dari tumbuhan atau hewan, serta orang-orang di sekitar kita yang sayang dengan kita, semua adalah nikmat dari Allah SWT. Oleh sebab itu, jagalah hati kita setiap detik untuk mengingat kebesaran-Nya.

3. Mengingat Akibat jika Berpaling dari Allah SWT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: