Hari Trisuci Waisak, Ratusan Umat Lakukan Meditasi dan Renungan di Bawah Pohon Bodhi Vihara Dharmakirti Palemb

Hari Trisuci Waisak, Ratusan Umat Lakukan Meditasi dan Renungan di Bawah Pohon Bodhi Vihara Dharmakirti Palemb

Umat Buddha melakukan meditasi dan perenungan jelang Hari Waisak di Vihara Dharmakirti Palembang.--dok : sumeks.co

Hari Trisuci Waisak, Ratusan Umat Lakukan Meditasi dan Renungan di Bawah Pohon Bodhi Vihara Dharmakirti Palembang

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sambut Hari Trisuci Waisak ke-2567 BE, ratusan umat melakukan meditasi dan renungan dibawah pohon Bodhi, Vihara Dharmakirti, Palembang.

Kegiatan ini implementasi penenangan diri ketika sang Buddha Gautama mencapai kesempurnaan.

Momen ini juga menjadi titik akhir bagi umat Buddha sebelum merayakan Hari Trisuci Waisak, Minggu, 4 Juni 2023 mendatang. 

Ketua Yayasan Budhakirti Palembang Zewwy Salim, mengatakan kegiatan meditasi rutin setiap tahun jelang Hari Trisuci Waisak.

BACA JUGA:Umat Buddha Melakukan Ritual Yi Fo Jelang Waisak di Vihara Dhamarkirti Palembang

"Ini bertujuan untuk pembersihan diri dan ketenangan batin bagi umat yang akan merayakan Hari Trisuci Waisak. Terlebih banyak hikmah dan pelajaran yang didapat selama proses meditasi," kata Zewwy Salim dikutip sumateraekspres.id, Jum'at 2 Juni 2023. 

Lanjut Zewwy Salim, Selama meditasi para umat dibimbing Bhiksu Sagin diajak memperbanyak membaca sutera dan varita serta melatih supaya lebih khusyuk. 

"Nantinya, kita ini akan mendapat energi positif dalam melaksanakannya. Tidak sampai di situ, kita juga merasakan ketenangan dan kedamaian dalam diri. Paling penting kita menjalankan apa yang sudah diajarkan sang Buddha," ujar Zewwy Salim. 

Sementara itu, Pembina Yayasan Budhakirti Darwis Hidayat menambahkan pelaksanaan meditasi hingga menjelang H-1 Waisak. 

BACA JUGA:Para Biksu Menuju Candi Borobudur, Berikut Ini Agenda Detik-Detik Perayaan Waisak 2023

Dinamakan Hari Trisuci Waisak, karena pada momen tersebut ada tiga peristiwa penting yang terjadi. Yakni kelahiran dari Sidharta Gautama, mendapat pencerahan sempurna, dan mencapai Maha Parinibbana.

"Ini momen terjadi pada tanggal serta bulan yang sama, karenanya disebut Trisuci Waisak atau tiga hari suci," ungkap Darwis Hidayat. 

Darwis Hidayat mengatakan, Adapun meditasi dilaksanakan setiap tahun menjelang Waisak, tujuannya tak lain melatih kesabaran dan ketenangan diri menyambut Hari Trisuci Waisak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: