MASYAALLAH, 106 Hafiz 30 Juz Alquran Tampil Di Milad KE 73 PPRU

MASYAALLAH, 106 Hafiz 30 Juz Alquran Tampil Di Milad KE 73 PPRU

MASYAALLAH, 106 Hafizh 30 Juz Alquran Tampil Di Milad KE 73 PPRU--

MASYAALLAH, 106 Hafiz 30 Juz Alquran Tampil Di Milad KE 73 PPRU

SUMEKS.CO - Haflah milad ke 73 dan wisuda santri / wati  Pondok Pesantren Raudhatul Ulum (PPRU) Sakatiga Indralaya Kabupaten Ogan Ilir berlangsung Sabtu, 27 Mei 2023 bertepatan  07 Zulqaidah 1444 , berlangsung meriah.

Sebanyak 586 santri dari tingkat TK, MI, MTs, SMPIT, MA, SMAIT kelas akhir diwisuda oleh pengurus YAPIRUS didampingi Kepala Sekolah dan Madrasah masing-masing. setiap peserta wisuda didampingi oleh kedua orang tua mereka dan sanak keluarganya yang berasal dari daerah masing masing.

Haflah dihadiri Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diwakili oleh Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra, yang merangkap Kepala DLHP Provinsi Sumsel, Drs. Edward Candra MH.

BACA JUGA:Hafiz Asal Sulteng dan Sumsel Berjaya di MHQ Internasional Thailand

“Mohon Maaf, sebenarnya yang bakal hadir pada acara Haflah, akan dihadiri langsung oleh Bapak Gubernur Provinsi Sumsel, namun beliau berhalangan hadir karena pada waktu yang sama, tengah  melepas keberangkatan jamaah haji indonesia kloter pertama OKUT,’’kata Drs Edward Candra mengawali sambutannya.

Hadir juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi  Sumatera  Selatan yang diwakili oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten   Ogan Ilir H.M. Arkan Nurwahiddin, M.Pd.I. hadir juga unsur Forkopimda Provinsi sumatera selatan dan Kabupaten Ogan Ilir serta dihadiri oleh para pimpinan pesantren se sumsel dan tokoh masyarakat, ulama’ dan ilmuwan.

Mudir PPRU Sakatiga KH Tol’at Wafa Ahmad, Lc dalam sambutannya mengatakan,  ada tiga  agenda  penting  dalam kegiatan haflah ini, yakni Silaturrahim ulama’ Umaro beserta steakholer dan wali santri/wati kelas akhir,  Wisuda  Santri dan Santriwati dan Tasyakuran Milad PPRU ke-73.

Kh Tol’at Wafa juga mengatakan, dari hasil evaluasi kelas akhir di PPRU tercatat 100% lulus negeri dan 97,86% lulus pesantren 106 orang hafizh/ah 30 juz Al-Qur’an, dan 13 orang hafizh/ah 25 juz Al-Qur’an.

BACA JUGA: Usianya 13 Tahun, Hafiz Asal Sumut Zahran Juara 2 Musabaqah Hafalan Al-Qur'an Internasional

Selain kata Kh Tol’at Wafa,  98 orang atau lebih dari 60 % alumni tingkat Madrasah Aliyah dan SMAIT telah diterima di beberapa perguruan tinggi negeri sedangkan sisanya sedang dalam proses test untuk masuk ke Universitas Luar Negeri seperti  Mesir, Turki, Madinah, Maroko, Tunisia, dan lainnya.

Sementara tema haflah ke 73 kali ini,  sengaja mengusung ”Bersama Bangsa, RU Membangun Peradaban” sebuah tema yang terus menjadi energi Pesantren dan cita-cita bangsa yang menjadi nafas dalam perjuangan pesantren.

Membangun bangsa Indonesia yang besar ini dibutuhkan Sumberdaya yang banyak dan kuat serta kesolidan para elemen bangsa. Untuk itulah Raudhatul ulum siap menjadi elemen yang mempererat dan memperkuat Bangsa Indonesia tercinta dalam membangun peradaban. Khususnya dalam menyambut Indonesia emas 2024 dalam 100 tahun Indonesia merdeka.

Kegiatan haflah ini juga mendapat perhatian dan kepedulian dari berbagai pejabat pemerintahan dan alumni PPRU yang melanjutkan pendidikannya di dalam dan luar negeri diantaranya dengan memberikan video ucapan selamat dan sukses, dari  Syekh Abdul Rozak dari Rusia, Syekh Abdul Hamid Abdul Wahab dari mesir, Syekh Holid Abdurrahman al Harbi dari Univ Islam Madinah, Ketua JSIT Indonesia, Kemenag Kabupaten OI, MUI Prov Sumsel, Kepala dinas pendidikan Provinsi Sumsel dan lain lain. (Sid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: