Langkah Disnakertrans Sumsel Kurangi Pengangguran, Gelar Pemagangan Dalam Negeri

Langkah Disnakertrans Sumsel Kurangi Pengangguran, Gelar Pemagangan Dalam Negeri

Pembukaan program pemagangan dalam negeri oleh Disnakertrans Provinsi Sumsel.--dok : sumeks.co

Langkah Disnakertrans Sumsel Kurangi Pengangguran, Gelar Pemagangan Dalam Negeri 

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumsel menggelar pemagangan dalam negeri dalam bentuk pendidikan dan pelatihan vokasi di Hotel The Zuri Palembang.

"Ini tujuannya, untuk mengurangi pengangguran di Sumsel," kata Kepala Disnakertrans Sumsel, Drs H Koimuddin SH MM dikutip SUMATERAEKSPRES.ID, Kamis 25 Mei 2023. 

Koimuddin menjelaskan jumlah penduduk Sumsel saat ini 8,55 juta jiwa. Berdasarkan data 2021 dengan penduduk usia produktif 68,56 persen.

"Artinya, potensi sumber daya manusia Sumsel sangat besar. Perlu diberdayakan secara maksimal agar lebih produktif," ujar Koimuddin. 

BACA JUGA:Kemenko Perekonomian Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, Daftar Sekarang Sebelum Terlambat

Koimuddin mengaku, Pemprov Sumsel telah melakukan berbagai upaya dalam rangka mengatasi pengangguran. Juga rendahnya kompetensi tenaga kerja lokal.

Antara lain dengan melaksanakan program pemagangan dalam negeri. Pemagangan merupakan bentuk pendidikan dan pelatihan kejuruan teknis.

Setelah pemagangan peserta akan memperoleh pengetahuan, keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tertentu pada suatu perusahaan.

"Saya berharap para peserta mendapatkan pengalaman kerja yang bermanfaat saat terjun ke dunia kerja sesungguhnya," katanya.

BACA JUGA:PT POS Indonesia Membuka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, Buruan Daftar Sebelum Penuh

Tak hanya keterampilan, tapi juga sikap, mental, etos kerja, perilaku dan budaya kerja di industri dan lainnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: