Ambyar Kendaran Anda Jika Tenggak Oli Palsu, Ini Tips Membedakan Antara Oli yang Asli dan Palsu

Ambyar Kendaran Anda Jika Tenggak Oli Palsu, Ini Tips Membedakan Antara Oli yang Asli dan Palsu

Waspada terhadap oli palsu bisa merusak kendaraan anda. Foto: sumeks.co --

BACA JUGA:Begini Cara Membedakan Oli Palsu dan Asli, Keliru Mesin Bisa Rontok

A. Oli Mesin

Oli mesin sudah pasti menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh pemilik kendaraan karena berpengaruh langsung terhadap performa mesin.

Tanpa adanya oli pada mesin, akan membuat komponen-komponen pada mesin kendaraan kita menjadi aus dan mudah panas. Oleh karena itu peranan oli sangatlah vital dalam kerja mesin.

Produk Pertamina untuk oli mesin memiliki banyak macam, namun bisa dibagi menjadi 3 jenis yaitu oli mineral, semi-synthetic dan fully synthetic.

 

B. Oli Mineral

Oli mineral ini berasal dari bahan alami, merupakan minyak mentah yang diolah yang diambil secara langsung dari bumi. Oli ini memiliki kekentalan yang cukup tinggi sehingga banyak digunakan pada mesin diesel dan bensin yang dibuat pada tahun 2000-an ke bawah.

Contoh dari produk Pertamina ini antara lain Mesran SAE 10W, 20W, 30, 40, 50, Mesran Super SAE 20W-50, Meditran SX. Prima XP SAE 20W – 50, dan Prima X’Treme 10W-30

 

C. Oli Semi-Synthetic

Oli semi-synthetic pada dasarnya terbuat dari oli mineral yang sudah ditambahkan bahan aditif yang cocok digunakan untuk mesin yang memiliki performa sedang seperti mobil angkut penumpang dan sepeda motor .

Produk oli Pertamina semi-synthetic ini contohnya Pertamina Enduro 4T SAE 10W-40 dan Fastron Semi Synthetic SAE 20W-50.

BACA JUGA:Enam Pelumas ini Aman untuk Begituan

D. Oli Synthetic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: